Tuesday, June 08, 2010

Bekal sekolah zikra: Makaroni Panggang Mozzarella (12m+)

Bismillah

Bunda baru nyobain bikin makaroni panggang nih. Sejak punya oven murah meriah (baca: oven tangkring saja) bunda semangat nyobain ini itu (sebenernya baru nyoba bikin 2 makanan aja haha). Sebelumnya bikin pizza, tapi karna apinya kekecilan mungkin, rotinya jadi agak crispy hehe. Yak, tampak sekali beginernya. Makanya belum berani share disini. Tapi rasa pizzanya lumayan kok. Zikra aja sampe makan beberapa slice gede, apalagi ayah, walo kriak kriuk itu pizza, ayah makan bolak balik sampe nanya besok harinya masih ada apa udah abis pizzanya hihi.

Back to makaroni! Kata orang2 dirumah sih enak, sampe zikra pun suka. Karna makaroni kering dan gak ribet, bunda cobain buat bekel zikra ke sekolah. Potong 2 slice yang kira2 masih cukup diperutnya (sebelum ke sekolah zikra ngabisin makan paginya dulu), ternyata abis ludes. Gak nyangka juga, kirain cuma abis 1 doang. Gak tau emang karna enak atau masih belum kenyang hehe. Berikut resepnya bunda, aslinya sih dari sini hehe.

Makaroni panggang mozzarella

Bahan:
1 buah bawang bombai, iris
3 siung bawang putih, iris halus
180 gram daging giling
200 gram macaroni, rebus kurang lebih 9 menit lalu tiriskan
4 butir telur, kocok
250 ml susu cair (bunda pake UHT indomilk plain)
150 gram keju mozzarella, parut
½ sdt pala halus
Margarine secukupnya untuk menumis
Garam dan lada secukupnya


Cara Membuat:

1. Panaskan margarine, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging dan masak hingga berubah warna.
2. Campur daging yang telah matang, macaroni rebus, susu cair, telur, 50 gram keju parut, lada, pala dan garam. Aduk rata. Tuang kedalam loyang tahan panas yang telah diolesi margarine agar tidak lengket. Taburi diatas adonan dengan keju parut yang tersisa.
3. Panggang dalam oven hingga matang dan berwarna kecoklatan (kalo pake oven tangkring kurang lebih 1 jam). Angkat dan keluarkan dari loyang. Potong-potong dan siap untuk disajikan.

Eeh nulis ini sambil ngences haha. Dasar2 emak2 hamil. Besok wiken bikin apa lagi ya? Yuk kita googling camilan2 enak:)

11 comments:

  1. enak benae, bgeces juga neeh..bagi donk Zikra

    ReplyDelete
  2. Mmmmmh..bekelnya yummy, zikra, mauu dong

    ReplyDelete
  3. soo yummy .. Bun .. daging gilingnya di cuci dulu pa gak sih ?? suka bingung kadang kalo mo bikin apa2 yang pake daging giling .. keju mozerella yang kayak gimana ya ?? he hee

    ReplyDelete
  4. Kalo gw sukanya bikin makaroni tapi dikukus, soalnya ga punya oven boooo hehehe. Abis itu kalo mo digoreng juga bisa. Alhamdulillah Zahia juga suka :-)

    Btw gimana Mba kabarnya? Sehat kan? Si Dedek makin heboh nendang dunks? hehehe

    Titip cium buat Ka Zikra yang ganteng yah Bun

    ReplyDelete
  5. di sekolah ntar makannya dingin2 gitu yah? di sini anak2 diberi makan di sekolah. makan siang dan tidur siang juga di sekolah. mirip model daycare. soalnya suami istri di sini rata2 bekerja semua. jadi kita gak pernha nyiapin bekal utk anak2. jadi ingat waktu kecil dulu, memang kadang bawa bekal.

    ReplyDelete
  6. yg aneh lagi, anak2 sd di sini gak dibolehkan membawa makan atau minum. kali guru2nya nakut repot kalo kelas jadi kotor. gak manusiawi banget deh menurutku. dan kalo ada yg ketahuan bawa, namanya juga anak2, bisa saling melaporkan.

    ReplyDelete
  7. @bunda farras, iya dicuci dulu dong bun pake saringan santen gitu biar lebih bersih dan kebuang sisa darah2nya. kalo keju mozzarella aku suka beli dicarrefour atau giant. tanya aja sm mbak2nya biar gak bingung nyarinya:)

    @bunda zahia, insyaAllah sehat. makasi ya bun, doain terus yaa:) kiss juga buat zahia:*

    @yenni, iya emang udah gak anget lagi ma. tapi selagi masih baru dan gak berhari2, aku berani aja kasih ke zikra hehe:)
    ngebantu bgt ya kalo daycare nyiapin makanan, apalagi kalo emak si anak kerja. gak repot deh nyiapin makan tiap pagi. kalo aku kepepet zikra kubekelin roti tawar plus meises mentega aja hehe:)

    ReplyDelete
  8. sepertinya enak..kpn2 nyoba aah :p
    coba bikinin burger tempe :)

    ReplyDelete
  9. sepertinya enak..kpn2 nyoba aah :p
    coba bikinin burger tempe :)

    ReplyDelete
  10. makanan kesukaan sy sekeluarga tuh bun :D

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates