Friday, April 16, 2010

26 bulan, Zikra’s rebelling period

Bismillah

Sekilas perkembangan zikra di usianya yang 26 bulan alias 2 tahun 2 bulan tanggal 11 kemarin :

Kesehatan. Alhamdulillah sehat selalu. Beberapa minggu lalu, imunisasi influenza dikantor ayah. Udah konform sama DSAnya zikra, katanya go ahead selama ditangani sama dokter profesional. BB terakhir dicek dihermina tanggal 11 kemaren pake timbangan digital, 14.7kg. Tinggi terakhir minggu lalu pake meteran ayah dirumah sekitar 89 cm. Alhamdulillah, semoga sehat selalu ya sayang.

Bahasa. Masih seputar ngebeo dan mencoba gabung2in 2 kata walo tiap kata biasanya belum sempurna.

Interest dan Pengetahuan. Interestnya masih seputar binatang. Kalo menyangkut binatang, mau gambar asli atau karikatur, pengetahuan zikra bisa dibilang lumayan. Kalo sesi belajar sambil bermainnya dialihkan ke warna dan angka, suka nampilin muka ogah sambil senyam senyum malas cengengesan hihi. Tapi udah mulai kenal beberapa warna dan angka walo sambil malas2an juga, cuma mesti dipancing dengan suku kata depannya dulu.

Beberapa minggu lalu, sempet dibawa naik kuda poni. Zikra senang bener, walo awalnya sempet takut sama kudanya. Dia jadi berani setelah lihat beberapa anak naik kuda. Abis naik sekali putaran, malah gak mau turun. Akhirnya dibawa muter sekali lagi hihi.



Zikra's Rebelling Period

Bisa dibilang kata favoritnya zikra sekarang adalah ‘enggak’. Sukaa banget nyebutin kata itu. Mungkin ini emang masanya ngetes bundanya ya alias masa2 ngebawel. Kadang mukanya serius, kadang sambil senyum yang keliatannya lagi usil.
Zikra, kita mandi dulu yuk? “enggak”
Mau mamam gak sayang? “enggak”
(abis mandi) Zikra, pake baju dulu yuk sayang? “enggak”
Zikra jangan loncat2an ditempat tidur ah, kita keluar aja yuk? “enggak”

Kalo bundanya lagi seneng seger buger, bisa jadi ini hal yang gemesin dari zikra. Bunda akan langsung lompat trus cium2 dia. Tapi kalo lagi capek, zikranya ditanyain dan dibujukin berkali2 jawabnya tetap “enggak”? GRRRRRRR..... gak pengen marah tapi emosi udah diubun2.

Jadi gimana? Yah sebisa mungkin gak marah2 ya. Emang sih, sejauh ini zikra gak terlalu susah ngaturnya, tapi kalo datang iseng bandelnya disaat bunda lagi capek, ya lumayan bikin hati gak enak. Sejauh ini cara yang bunda lakukan dengan memberi pilihan, dengan kata lain bukannya nanya untuk melakukan sesuatu, tapi dikasi pilihan untuk diputuskan sendiri. Jadi daripada pusing2 nerima jawaban ‘enggak’, pertanyaannya diganti biar dia mikir sendiri:
'Zikra mau mandi sama bunda atau mandi sendiri?'
'Zikra mau mamam nasinya atau buat tikus aja?'
'Zikra, mau pake baju sama bunda atau pake baju sendiri?'
'Zikra, bunda gak mau main di tempat tidur ah, bunda keluar ya.' (terpaksa harus keluar sambil pura2 nutup pintu).

Biasanya cara baru ini sering berhasil, tapi gak pelak juga pernah gagal. Kalo lagi usil nih misalnya, makanan yang kita tawarkan ke dia atau ke tikus, dengan senang hati disodorin ke arah yang pura2nya ada tikus disana. ‘kus, kus.. nii..’ katanya sambil nyodorin makanan hahaha. Kalo begini, biar kata bunda capeknya gimana juga, tetap geli juga ngeliat tingkah kocak polos begini.

Memang ya, ngurus anak itu seneng2 susah. Tapi sampe sekarang alhamdulillah banyakan senengnya (karna lagi lucu2nya), mudah2an begitu terus sampe seterusnya, banyakan senengnya amin. Nah tantangan baru buat bunda, mesti lebih pinter nanganin zikra yang makin banyak akalnya. Contohnya yang dia malah dengan senang hati ngasi makanannya ke tikus, yang sukses bikin bundanya cengo diam ditempat. Ahh ternyata anak itu kecil2 gak bisa diremehin ya kepolosan dan kepinterannya.

Selamat ulangbulan sayang, jadi anak sholeh yang nurut dan membahagiakan ayah bunda kelak ya bunayya, amin.

5 comments:

  1. selamat ulang bulan ya Zikra. tambah pinter ya & nurut sama ayah bunda

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah yah Bund Zikra sehat dan makin pinter ajah. Semoga bisa jadi anak yang mbanggain orang tua yah Sayang :-)

    Btw baik2 ajah kan Mba kehamilannya? Take care yah. Ditunggu kabar bahagianya. Udah ada calon nama belum? Hehehee mo tauuuuu ajah!!

    ReplyDelete
  3. Met ulbul ya Zikra.....sehat & pintar selalu ya....

    ReplyDelete
  4. Met Ulbul Kakak Zikra. Semoga selalu sehat dan makin pinter ya?. Bener mam, anak itu emang polos. Misal bikin kita kesel pun, anak sebenarnya ya gak bermaksud begitu kan? Jadi orang tua membuat kita jadi lebih sabar ya.. :-)

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates