Friday, February 05, 2010

Breastfeeding while 'bunting' & Tandem Nursing

Bismillah
Dalam beberapa hari lagi zikra akan genap 2 tahun. Nenennya cuma sekali dalam sehari. Kadang malah blas gak nenen sama sekali dalam sehari.
“Saat hamil kok masih menyusui?”
Pertanyaan kayak gini udah sering bunda dengar sejak hamil lagi. Yang nanya kebetulan tau bunda masih nenenin zikra. Komentar selanjutnya pasti seputar ini :
“Ntar bayinya kekurangan gizi lo kalo sebagian sari makanannya disedot terus sama abangnya”
“Aduh kasian adeknya zikra ntar kenapa2 di dalam. Lagian asi buat zikra udah gak bagus lagi tuh, udah jadi darah.” -> ????? :)
“Jangan diterusin deh. Nanti bayi dikandungan bisa lahir prematur karna kontraksi tiba2.”
Seneng sih orang peduli sama bunda. Tapi risih juga kalo terlalu peduli kesannya jadi aga maksa buat ngikutin nasehat mereka. Lantas yang jadi pertanyaan, "Bener gak sih menyusui saat hamil itu bahaya?"
Coba googling, hasilnya tidak mengecewakan bunda. Memang pada saat menyusui tubuh ibu menghasilkan hormon oksitosin yang dapat merangsang kontraksi rahim. Makanya beberapa sumber bilang kalo menyusui saat hamil sebaiknya tidak dilanjutkan, tapi ada juga beberapa yang bilang tidak masalah dilanjutkan dengan beberapa catatan (baca disini dan disini). Intinya bunda percaya kalo melanjutkan menyusui itu boleh, berikut alasan dan faktanya dengan beberapa catatan yang harus diperhatikan:
  • Menurut Pakar ASI dr. Eveline PN, SpA dari RS St. Carolus Jakarta, jika kehamilan ibu dinyatakan sehat oleh dokter, go ahead, teruskan menyusui. “Secara alami, tubuh akan memrioritaskan pemberian zat gizi kepada janin yang sedang tumbuh, tanpa mengurangi porsi yang dibutuhkan untuk membentuk ASI,” yakin sang dokter.
  • Beberapa penelitian menyimpulkan, sepanjang ibu sehat, tidak ada teori yang “memvonis” menyusui dapat memicu keguguran atau persalinan prematur. “Ada ibu yang takut menyusui saat hamil karena adanya hormon oksitosin yang dilepas tubuh karena hormon ini merangsang kontraksi rahim. Padahal, rahim memiliki daya tahan cukup kuat untuk mencegah efek hormon oksitosin,” tutur Eveline.
  • Secara umum ibu yang menyusui saat hamil tidak menghadapi permasalahan serius, jika memang kondisi badan dan kehamilannya sehat (tidak ada riwayat prematur, perdarahan dll). Tapi jika kemudian terjadi kontraksi yang cukup kuat, atau ada perdarahan, maka sebaiknya menyusui segera dihentikan.
  • Dengan rahim yang sehat, maka oksitosin tidak cukup berfungsi menyebabkan kontraksi, kecuali kehamilan sudah usia maksimal dan leher rahim ada gangguan.
Nah berikut cerita seorang ibu yang melakukan tandem nursing 2 kali berturut2. Tandem nursing merupakan keadaan dimana seorang ibu menyusui 2 anak sekaligus (bayi yang baru lahir dan si kakak lebih tua yang masih menyusui) dengan cara menduhulukan pemberian asi kepada si bayi baru kepada si kakak (lebih lengkapnya disini). Dan si ibu ini berhasil menyusui kesemua anaknya sampai usia 2 tahun bahkan lebih. Betul2 jadi inspirasinya bunda nih.

Walau kemungkinan besar bunda gak akan mengalami tandem nursing antara zikra dan adenya, pengalaman diatas bener2 menguatkan bunda untuk lanjut menyusui disaat hamil. Kesemua anaknya ibu itu tumbuh normal dan baik2 saja.

Jadi bila kehamilan baik2 aja, menyusui saat hamil kenapa tidak? Sayang banget, apalagi jika bayi yang disusui belum genap setahun.
ASI saat itu masih menjadi makanan utama di samping makanan pendamping ASI (MPASI). Tapi untuk lebih yakinnya ada baiknya juga dikonsultasikan langsung ke dokter kandungan biar gak waswas. Bunda juga kemaren sudah konsul ke dokternya bunda dan alhamdulillah diizinkan untuk tetap menyusui zikra sampe usianya 2 tahun.
Lega deh. Zikra sampe sekarang yang sering dikasi pengertian kalo mau punya ade, masih belum bisa lepas dari nenennya walo cuma buat tidur doang hehe. Ah gapapa, semoga nanti bisa lepas sebelum adenya lahir, jadi gak sampe ngalamin tandem nursing deh.

8 comments:

  1. zikra pinter nih kayaknya sebentar lagi bisa lepas nenen. aku masih pusying nih bund gimana menyapih kyara... Menjelang 2th udah jarang nenen, malah pernah seminggu nggak nenen. trs abis itu kembali nenen dan sekarang jd lumayan sering lagi meskipun sebenernya bukan nenen beneran. kayaknya cuma nenen kangen aja gitu yang cuma 1-2 menit trs udah.
    Alhamdulillah zikra bisa ASI smp 2th ya, smoga ntar adeknya zikra juga bisa :)

    ReplyDelete
  2. Iya dikhawatirkan kontraksi aja sih mbak kalau masih menyusui

    ReplyDelete
  3. Iya Bun, saya juga pernah baca artikel itu. Insya Allah Bunda, Zikra dan calon dedek slalu sehat ya :-)

    ReplyDelete
  4. Thanks yah Bun sharingnya. Jadi nambah info neh :-) Btw semoga kehamilannya sehat2 sampe nanti melahirkan yah. Dan semoga Bang Zikra berhenti nenen dengan sendirinya :-)

    ReplyDelete
  5. Goog bun!! Salut buat semangatnya. Semoga lancar ASI nya mpe 2 tahun plus kehamilannya ga da kendala. Oke bun, go ahead ASI nya....!

    ReplyDelete
  6. moga bisa yah bun! kalo aku, kayaknya gak bisa, soalnya asi-ku dikit banget. dulu kala si bungsu umur 11 bulan, asiku sudah berkurang sendiri. kayaknya memang tergantung masing2 orang. ada yg memang dikarunia berkat bisa punya asi melimpah. ada yg hanya pas-pasan.

    ReplyDelete
  7. hai, salam kenal ^^

    menarik sekali ya, bun... yg saya ingin tau, dengan tandem nursing, apakah aktivitas sehari2 ga terpengaruh? misal kan masih harus memasak, belanja, bersih2, dan kegiatan berumah tangga lainnya plus kegiatan suami istri, pdhl kegiatan bayi yg membutuhkan ibunya kan ga cuma menyusu.. smtr mnrt cerita, dg tandem nursing, energi ibu akan terkuras lbh bny ketimbang single nursing...trima kasih ^^

    ReplyDelete
  8. @wiwit,
    halo wiwit, salam kenal juga. pertama, aku bukan dokter, jadi aku akan coba bantu jawab berdasarkan pengetahuanku ya.

    menurut aku, kalo semisal si ibu masih kuat dan gak bermasalah, go ahead. kalo ternyata tidak, lebih baik dibawa konsul ke obgyn mengingat kondisi ibu yang lagi hamil. aku gak sampe tandem nursing sih, aku cuma menyusui saat hamil dan udah menyapih sisulung sebelum melahirkan lagi. alhamdulillah akunya juga fit untuk menyusui saat hamil. dan yang gak kalah penting, asupan gizi+cairan yang harus diperhatikan dan istirahat yang cukup buat si ibu. smoga membantu ya.

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates