Monday, November 02, 2009

Sup Krim Ayam Jagung (12m+) - Makan Sendiri Pake Sendok

Bismillah

Mau bagi2 resep yang gampang tapi enak. Yakin deh, pasti ada diantara ibu2 yang udah tau banget cara bikin ini, tapi gak papa lah ya bunda tulis ulang versi bunda sendiri, sekalian nyeritain reaksi zikra makan sup buatan bunda hehe.

Ceritanya bunda bikin sup ini gara2 kita bertiga dateng ke acara masyarakat riau di sahid beberapa waktu lalu dan nemu makanan ini. Pernah nyobain beberapa kali sih sebenernya, cuma waktu itu tanpa zikra. Jadi ya biasa aja. Dan kemaren, jadilah menu itu favorit kita bertiga. Zikra apalagi, kalo disuapin mulutnya mangap terus. Ahh harus bisa bikin juga nih, pikir bunda. Nah dari sini nih, bunda mulai cari2 resepnya diinternet. Pas nemu, langsung dipraktekin. Tapi resep bunda ini gak murni nyontek abis, bumbu dan bahannya ada yang diganti dan ditambah, sesuai sama isi kulkas saat itu juga sih hehe.

Sup Krim Ayam Jagung

Bahan:
2 sdm mentega (salted)
1 buah bawang bombay agak besar, cincang kasar
1 buah jagung manis, sisihkan jagungnya
¼ ekor ayam, potong-potong (atau suwir, sesuai selera)
2 sdm tepung terigu
750 ml susu segar (bunda pake UHT merk indomilk
150 ml air
2 batang daun seledri, potong panjang sekitar 5cm
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
garam
secukupnya

Topping: roti bakar (optional)

Cara membuat:
Rebus ayam hingga setengah matang, angkat ayam dan sisihkan kaldunya kurang lebih 100ml. Sisanya bisa digunakan untuk masakan lainnya.
Lelehkan mentega, tumis bawang Bombay hingga layu.
Masukkan jagung, aduk rata.
Tuang air kaldu, aduk rata.
Tambahkan paha ayam dan tepung terigu aduk hingga rata.
Tuangkan susu, aduk-aduk hingga licin.
Tambahkan air dan masukkan bumbu lainnya. Didihkan.
Angkat, sajikan hangat. (Lebih enak dengan tambahan roti bakar, jika suka)

--

Diliat dari semua bahan dan bumbu yang dipake, sup krim ini bisa buat anak diatas setahun. Di bawah setahun belum bisa karna ada susu UHTnya. Dan bisa juga buat variasi makanan kalo anak lagi GTM, tinggal tambah kentang dan wortel yang dipotong dadu. Dapet deh gizinya:)

Makan Sendiri Pake Sendok

Abis masak sup ini, bunda cobain ke zikra. Dituangin ke mangkuk sambel yang ukurannya gak terlalu gede, sup krimnya abis blas sama zikra sendiri. Awalnya bunda suapin, pas penghabisan zikra pengen pegang sendoknya sendiri. Anak bunda emang lagi seneng2nya makan sendiri pake sendok. Kalo makanannya aga kering sih bunda biasanya gak terlalu masalah karna ngeberesinnya gampang. Mau duduk dikarpet juga zikranya, oke aja. Kalo makanannya kuah semua, yah mau gimana deh. Daripada dia teriak2 dan nangis bombay gara2 gak dikasih, biarin deh kita repot2 ngeberesin tumpahannya. Asal gak dikarpet aja hehe. Makanya kalo makanannya basah, biasanya bunda minta zikra duduk diatas lantai aja, gak diatas karpet biar gampang ngebersihinnya hehe.


Sayang supnya sendiri gak kefoto. Gak papa deh yang penting ada video zikra makan sendiri hehe. Seneng deh pokoknya, kalo masakannya bunda disenengin sama zikra (dan ayah juga). Kapan2 bunda buatin lagi ya sayang.

9 comments:

  1. aihhh zikra gut boyyyy...*plok plok plok

    ReplyDelete
  2. wah dah pinter mam mam sendiri ...bagi oom dong :)
    salam yah dari kakak sophie

    ReplyDelete
  3. wah... sup jagung, kesukaan anja juga lho..
    salam kenal dari anja ya.. ^_^

    ReplyDelete
  4. Bun,
    Sup krim itu sbenarnya pake terigu ya? Kalo aku biasanya buat pake oatmeal biar dapat kentalnya. Tp skrg vaya udah bosen dikasih sup krim jagung. Mgkn krn da berbulan-2 selalu makan itu jd bosan ya hahahaa...
    Zikra pinter ya udah mamam sendiri. Ntar da bisa suapin bunda dong yaa ...

    ReplyDelete
  5. @mami vaya,
    hmm aku sih dapet resepnya pake terigu ya. jadi ya pake aja mumpung lagi ada dirumah hehe. sebenernya untuk ngentalin pake tepung maezena juga bisa. biasanya aku pake itu aja buat bikin bubur kacang ijo dan sebagainya. pake oatmeal jg bisa kali ya, gak masalah ah mi;)
    wah vaya udah bosen ya, iya kali karna sering dibikinin ya. zikra mah sesekali aja jadi masih doyan bener:)

    ReplyDelete
  6. Sup krim emang enak ya zikra.. Tante aja suka banget hehe..
    Zikra makin pinter udah mam sendiri. Asik ntar kalo ke restoran mam nya balapan sama ayah bunda ya.. :)

    ReplyDelete
  7. wah aku doyan banget makanan yg ada jagungnya, cuma ngga bisa masaknya hhehehe...nanti kalo bikin lagi bagi2 utk ina yachh....

    ina jg lagi seneng makan sndiri nech, pdhal berantakn banget jadinya...tp kata orang klo anak makan sndiri cepet jd daging (emang klo disuapin jadi apa hehehe...)

    ReplyDelete
  8. zikra pinteeeerr mam sendiri yaaa

    ReplyDelete
  9. Waaaa.. enyak neh. Nikki juga suka sup inih. Masuk kategori makanan favorit dia. :D

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates