Tuesday, October 13, 2009

My Zikra, 20 MO

Bismillah

11 Oktober - 20 bulan, aww.. 4 bulan lagi ultah kedua, 4 bulan lagi waktunya menyapih. Ah anak bunda udah besar rupanya.


Speaking about nenen, tinggal 4 bulan lagi. Sedih sebetulnya, seriously, mikir anak bunda gak akan nempel2 lagi sama bunda. Ngeliat dia nenen menyenangkan sekali sebenernya, soalnya zikra dan bunda bisa sambil becanda gitik2an *gelitikan maksudnya* sampe kita bedua ketawa-tawa trus zikra gak jadi2 nenen karna ketawa mulu. Cumaa.. ada juga gak enaknya. Zikra hampir tiap malam gak bisa tidur tanpa nenen. Nah gak enaknya kalo dia udah lama nenen tapi gak tidur2, sementara emaknya ngantukkk beratt. Bukannya berusaha tidur juga, dia malah mainin nenennya, trus ketawa2 sendiri. Gak lucu banget kalo hari udah makin larut dan emaknya gak kuat lagi ngangkat mata. Kalo udah begini, rasanya udah gak sabar pengen cepat nyapih zikra. Tapi pikir2.. ngeliat zikra sayang banget sama nenennya, gimana ya ntar zikra bisa lepas dari nenen sebelum tidur? Sedih bin gak tega rasanya hiks. Ah sudahlah, gak usah dipikirin dulu. Mending nikmati saat2 yang tinggal 4 bulan lagi nenenin zikra.

Sekarang tiap mau nenen, dia bisa cuma sekedar merengek2 manja sambil nunjuk nenennya, bisa juga sambil senyum manis trus pegang nenennya atau.. bilang ‘nanak’. Hahaha jauh banget yak, ‘nenen’ jadi ‘nanak’. Tapi tetap bunda berbangga hati, karna anak bunda ini cendrung gak suka berkata2. Biasanya malah nunjuk2 doang, gak mau ngomong. Sekarang masih suka nunjuk juga sih, tapi udah ada peningkatan lah.

Udah makin pinter bersosialisasi. Pinter nahan temennya dirumah. Temennya diservis, kadang disayang, diajakin seru2an. Gak pelitlah minjemin semua mainannya asal temennya betah di rumah. Kalo temennya udah mau pulang dan buka pintu depan, zikra sibuk narik2 lengan baju si temen. Disuruh masuk lagi, main lagi. Giliran temennya pulang beneran, keluar pagar, zikra nangis kejer. Udah ngerti kalo sepi itu gak enak rupanya.


Makin gape bawa mobil mininya muter2 keliling rumah. Tapi kalo temennya datang, mobilnya dipinjemin. Zikra malah ogah naik, paling boncengan berdua temennya, dia di belakang. Makin seneng main bola juga. Kalo dulu bolanya cuma buat diambil-dilempar-ditangkap kadang2, sekarang udah suka nendang2. My son, a professional soccer wannabe haha *sayang video gagal mulu di upload*

Perkembangan bahasa

"Anak batita mengembangkan kemampuan berbicaranya pada tahap yang berbeda. Ada yang menunjukkan peningkatan ‘kata-baru-dalam-satu-hari’ yang stabil, ada yang mengoceh dengan meluncurkan banyak kata2 baru, ada juga yang tidak banyak berbicara sampai mendekati akhir tahun kedua, seolah dia menyimpan banyak kata untuk ocehan pembuka saat berumur 2 tahun."

"Beberapa anak, bahkan pada umur 2 tahun, berada dalam tahap perkembangan berbicara ‘sedikit berkata-kata~mengerti semua~berkomunikasi dengan baik’"
-Both From
The Baby Book by Dr. Sears

Mengacu pada pernyataan Dr. Sears, zikra belum termasuk kategori yang terlambat bicara. Memang anak bunda belum banyak bisa mengucapkan kata, padahal di umur 20 bulan banyak anak yang udah masuk ke tahap 'satu kata baru setiap hari'. Malah zikra untuk koleksi sukukatanya juga belum bisa dibilang banyak banget. Liat aja di video pas temennya dateng, dia cendrung diam tapi banyak gerak. Tapi, zikra udah bisa dimintain tolong. He’s a good helper anyway. Kalo dia tau bendanya, dia dengan senang hati nolongin kita ngambil benda itu buat kita. Zikra juga udah bisa ditanyain pendapatnya tentang sesuatu. Dia mau atau enggak, biasa nya dengan anggukan dan gelengan. Jelas.. kadang salah kaprah juga jawabnya, karna gak tau maksudnya. Hanya sekedar angguk atau geleng doang haha. Tapi alhamdulillah sekarang udah bisa dengan jawaban, dengan ‘iya’ – kalo mau, atau ‘enggak ah’ – kalo gak mau. Bilang ‘enggak ah’-nya ini lucu banget, dengan nada sengau hihi. Gak tau dapet darimana bisa ngomong gitu – yang ujungnya pake ‘ah’. Perasaan kita di rumah kalo bilang ‘enggak’ tuh biasa aja – gak pake ‘ah’ diujungnya haha.

Intinya sudah bisa lebih berkomunikasilah, walo banyakan juga dengan gerak tubuh. Belakangan, surprisingly, bisa ngulang kata yang kita ucapkan, tapi ujungnya doang dan itupun gak berulang, saat itu doang haha. Lumayan menurut bunda perkembangan anak bunda ini. Tapi sebenernya bunda masih belum puas. Belum puas dalam artian bunda pengen progres yang lebih baik lagi. Sehari satu kata baru? Ah kapan ya kira saat itu datang? Siapa juga yang gak pengen anaknya cepetan bisa ngomong kan? Tapi bunda gak pasang target kok, cuma berdoa haha. Dan usaha pastinya. Lebih giat ngomong? Jelas. Baru2 ini bunda beliin zikra mainan alfabet, buku cerita lucu pilihannya sendiri dan DVD Elmo’s World + Dora The Explorer yang dua2nya bilingual. Ahh moga2 bunda jadi makin cerewet ngajakin zikra ngobrol sambil nonton DVD ini, atau makin sering bacain dia buku, atau ngajarin zikra alfabet dan angka 1-10. Namanya usaha, moga2 banyak hasilnya amin.

Ah sayang, zikra masih tetap yang paling membanggakan buat bunda. Selamat ulang bulan anakku sayang. May Allah always takes a very good care of you, aminn..

14 comments:

  1. met ulang bulan zikra....wah zikra sama nech sama ina...kalo temen2nya pada pulang pasti nangis...maunya itu temen maiin terus dirumah...kadang malah ina yang ikutan pulang ke rumah temennya hahaha....

    ReplyDelete
  2. Hohoho... Zikra udah jadi asisten ayahnya yach... yang semangat yach!

    Jgn lupa minta uang lembur sama ayah yach hehehheee....*piss*

    ReplyDelete
  3. Wah Zikra tidak pelit ya, mengajarkan berbagi sama anak itu tidak mudah lo Mbak.Semoga zikra temennya makin banyak ...

    ReplyDelete
  4. Idem nih ma Bunda Kimi ;)
    Mengajarkan anak utk berbagi itu tidak mudah loh bund, Untung si Zikra ngga pelit dan mau berbagi ya ma temannya. Kalau Danis kadang suka 'ngerebut kembali' mainannya kalau dipinjem sama temannya, sambil bilang "angan!" (=jangan) atau "nggak oyeh!" (=nggak boleh) Tapi kalau giliran temannya punya mainan dan 'eye catching' Danis langsung deh bilang "Injem...Injem" (=pinjam) hahaha (tauk deh niru siapa :D )

    Btw, selamat ulang bulan ya Zikra, tambah ganteng, tambah pinter, omongnya tambah lancar dan keep soleh ya nak, amiin :)

    ReplyDelete
  5. Selamat ulang bulan Zikra! Waaah, ayo 4 bulan lagiii, abis gitu langsung hamil aja bun, jadi kan ada yang dinenenin lagi..:)
    Btw, ponakanku jg masi belum lancar ngomongnya pas mau 2 taun, tapi sejauh perkembangan lainnya pesat mah santai aja bun, tiap anak beda beda:)

    ReplyDelete
  6. zikra 'met ulbul ya.. ayo dipuas2in nenennya tinggal 4 bulan lagi nih.. :D

    ReplyDelete
  7. Met UlBul Kak Zikra. Wah...pandai nih Kak Zikra bersosialisasi sama temennya. Soal ngomong, setiap anak kan unik bun. Insya Allah, suatu hari Kak Zikra langsung cas cis cus deh. Pantang menyerah ya kak berlatih nya. Dan yang penting selalu sehat ya sayang :-)

    ReplyDelete
  8. met ulbul zikra.
    gapapa soal bicara.. Tapi zikra udah pinter tuh dimintain tolong. Shaina malah belom bisa tuh. Santai aja lagih.. stiap anak beda2 :)

    4 bulan lagi nyapih yaa. MamaShai juga nih. 4 bulan lagi berenti mompa.

    sehat selalu ya zikraa

    ReplyDelete
  9. met ulbul ya zikra....nanti juga lama2 pasti bisa ngomong kok bun...dirangsang terus aja. Wah hebat nih asi 2 thn yaa...go.go bunda evy :)

    ReplyDelete
  10. met ulbun zikra sayang...duh makin sehat ajah..seneng deh tante ngeliatnya...hebad b unda nenenin tuh..insha allah 4bln lagi yah..cuman emang siap2 cari cara buat nyapihnya...gak usah kuatir soal bicaranya..yg penting utk skrg dia bisa berinteraksi,bereaksi,bersosialisasi dgn baik;)

    ReplyDelete
  11. met ulbul ya abang zikra.pinter banget abang nih,berbagi sama kawannya..pokoknya sehat selalu ya bang...

    ReplyDelete
  12. selamat ULBUL ya sayang, sehat dan tambah pinter selalu sayang..
    ayah sayang bunda dan abang zikra

    ReplyDelete
  13. Met ulbul Zikra...
    Wah tinggal 4 bulan lagi yah? Aku juga gitu nich mbak, kalo mikir sering pegal-pegal saat bangun tidur karena kebanyakin nenenin si baby, rasanya pengen cepet-cepet disapih aja. tapi kalo mikir nanti gak bakalan ada lagi mulut mungil yang nempel terus, rasanya sayang sekali yah sebentar lagi udah harus menyapih.

    Kalo udah 20, bentar lagi ada dede lagi doonk..? hehe..

    ReplyDelete
  14. @bunda kimi, may-danis's mom:
    alhamdulillah sampe step ini emang zikra gak pelit keliatannya, moga2 aja begitu sampe seterusnya yah:) berarti emaknya harus ngasi contoh banyak juga untuk tidak pelit, jadi peer bundanya zikra nih hehe:) tengkyu ya moms:)

    @desy noer:
    wah sama ya ma, emang kalo nenennya kelamaan jadi pegel bener hehe. tapi bener tuh, mikir bentar lagi mau nyapih rasanya kok gak kuat juga ya. ah biarlah.. moga2 nanti ada jalan keluar, win win solution lah:)

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates