Wednesday, August 12, 2009

One Year and a Half Zikra

Bismillah

Ah gak nyangka anak bunda udah satu setengah tahun tanggal 11 Agustus kemarin. Udah gede bo, hehehe. Pastinya milestone ini cukup spesial lah. Milestone dimana udah satu setengah tahun bunda menyusui zikra, tinggal 6 bulan lagi. Hihiy asikk, bisa dibilang suatu prestasi nih buat bunda. Mengingat perjuangan awal2 menyusui zikra dulu. Ahh senengnya bisa menyusui zikra sampe sejauh ini, alhamdulillah.

Polah terakhir
Anak bunda punya kesukaan baru, yaitu maen bola. Keliatan bener anak lakinya kan? Walo bolanya cuma dipegang2 dan dibawa lari kesana kemari doang hehe. Soalnya temennya zikra banyakan cewe. Sempat terlintas dibenak bunda perilakunya bakal niru2 temen cewenya. Eh alhamdulillah enggak, dan moga2 sampe seterusnya.

Udah bisa buka pintu. Mulai dari handle pintunya ditarik ke bawah sampe ngedorong pintunya biar kebuka.

Makin seneng dibacain buku. Dalam sehari udah gak keitung lagi berapa kali dia minta dibacain buku2 cerita kecil dan gedenya. Kadang udah hapal dibagian mana yang ada teriakannya trus dia teriak duluan sebelum yang ngebacain pura2 teriak hihi. Karna belum bisa banyak ngomong jadi komentar yang ada paling ‘iiiiii.....’ sambil nunjuk2 kebukunya.



Lagi seneng corat coret. Bunda liat ni anak kok seneng banget pake pulpen atau pensil yang ada di rumah buat ditulis2in. Ya udah, daripada pake pensil ato pena yang runcing ujungnya, mending pake spidol aja yang gak terlalu runcing unjungnya, dibeliin deh tu spidol buat menyalurkan hobi coret2nya. Eh dia seneng. Tinggal dikasi kertas gak kepake, jadi deh hobi corat coretnya tersalurkan.

Eehh.. ternyata ada juga kekacauan kecil yang timbul akibat hobi zikra yang ini. Barang2 dirumah banyak juga yang gak perawan lagi, kena coretan spidolnya. Ya lantai (untungnya gak sampe dinding), buku2 gambarnya, tas main buat pura2 pergi ke sekolah, cover2 cd/dvd, sampe ke karpet dan bantal gede buat nyantai yang ada di depan tv.

(yang udah bisa dari sebulan yang lalu, tapi lupa nulisnya)
Udah bisa niruin gerakan solat, seperti takbiratul ihram dan sujud. Tapi jangan dibayangin kayak orang dewasa solat ya, namanya juga balita jadi
masih jauh dari sempurna hehe. Trus udah bisa sok gunain kamera di hp. Hapenya dibalikin jadi kameranya ngadep ke wajahnya trus siap2 deh kepalanya dimiringin dikit. Hihihi jadi agak narsis nih anak bunda. Oya, gak lupa pake senyum juga zikranya wakakka, belajar dari uncu wiwit dan om putranya nih (dua2nya adik ayahnya zikra). Walo sebenernya gak moto beneran juga, cuma buat gaya2an aja hehe.

Berat Badan
Ada kejadian menarik nih seputar Bbnya zikra. Terakhir kan bunda pernah cerita BBnya zikra naik kurleb 3,5 kilo dalam sebulan. Jadi waktu itu beratnya jadi 13,8 kg dari 10,2 kg. Eh 2 mingguan lalu timbang lagi BBnya jadi 12 kilo pake timbangan manual. Beratnya jadi turun 2 kilo wakaka. Bunda geli aja kok 2 bulanan terakhir BBnya zikra naik turun drastis banget. Jadi mungkin waktu yang 13,8 kilo itu bisa jadi salah timbang, padahal waktu itu nimbangnya sampe 2x loh. Hmm emang sih waktu yang 13,8 kilo zikra nimbangnya abis makan pagi, sementara yang pas 12 kilo kemaren nimbangnya belum makan pagi, bener2 abis mandi langsung nimbang. Dan pas pula kejadian malemnya sebelum tidur zikranya muntah karna masuk angin. Ya udah jadi pas nimbang kemaren perut zikra belum ada isinya, kecuali asi pagi sih ya. Tapi kok bisa drastis banget gitu ya bedanya? Ahh gak tau lah, kalo ditanya zikra BBnya berapa, bunda bilangnya 12 kilo lah hehe.

Seputar ngomong-ngomong
Udah bisa dimintain tolong kayak gini nih:
‘Kasi sendok ini ke minan, nak’
‘kasi buku ini ke ayah, sayang’
‘Masukin ini ke tas dong, nak’
‘masukin ini ke laci ya, sayang’

Kadang zikra kalo lagi gak mau ya tetep gak mau walo dibilangin berulang2 juga, dan gak jarang juga jadi salah instruksi ngasi ke orang atau tempat yang salah, ini kalo lagi gak mud dianya. Tapi okelah, yang jelas udah mulai bisa nolongin bunda transferin barang2 dirumah.

Pertambahan kata
Udah tau nyambungin percakapan kayak gini:
Diujung doa sebelum makan, ‘ammm’ - amin
Diujung alfatihah, waladdolliinn.. ‘ammm’ - amin
Bunda mandi dulu ya? ‘ya ya..’ - iya
Bunda makan ya? ‘ya ya..’ - iya
Siapa yang paling pinter? ‘yaaa...’ - saya (sambil acungin tangan)
Siapa yang mau nenen? ‘yaa...’ - saya (sama, acungin tangan juga)

Ngikutin lagu:
(iklan chilkid & chilschool platinum) aku bi? 'ca..', aku pasti bi? 'ca..' ku tak mau berputus? 'aca..'

Omongan zikra yang ditanda kutip yak hehe. Kurang lebih gitu deh. Selebihnya masih sama kaya bulan2 sebelumnya.

Seputar kesehatan dan imunisasi
Alhamdulillah zikra sejak setahun umurnya jarang sakit. Yah ada sih flu ato demam gitu tapi gak terlalu mengkuatirkan lah. Oya ada yang lupa kalo dulu sebenernya beberapa minggu jelang umurnya setahun zikra pernah kena roseola. Bunda kira campak, eh ternyata bukan karna cuma sebentar. Dan gejala2nya juga beda sama gejala campak. Cari2 informasi ternyata itu roseola. Alhamdulillah sekarang sehat2 aja.
Sekarang udah jadwalnya imunisasi lagi buat zikra, tetrahib (dpt+hib) yang ke4, polio ke5 dan mmr ke1. Harusnya bulan juni kemarin sih, tapi bunda lupa karna jarak dengan imunisasi terakhir, imunisasi campak 9 bulan, cukup lama. Yah paling enggak bunda belum telat, masih bisa sampe umur 18bulan, jadi masih aman. Rencananya sabtu kemaren, eh lagi gak ada stok. Ya udah moga2 hari sabtu besok gak ketunda lagi yang tetrahib dan polio nya paling enggak, mmr-nya menyusul kemudian.

Ah zikra sayang, barakallah satu setengah tahun ya bunayya. Zikra selalu ada didalam doa2 ayah bunda. Moga sehat dan dalam lindungan Allah selalu.

11 comments:

  1. Waduh....Zikra...dah tambah gede :)
    jadi kangen nih pengen ketemu Zikra, udah minta sama ayah-nya buat dibawa ke kantor ayahnya kalo lembur hari Sabtu, tapi di-reject requestnya huhuhu....kangen nih tante Rina sama Zikra ganteng :)

    Moga tambah pinter, aktif, kreatif, dan pastinya tambah jadi anak sholeh ya Zikra :)

    Tante Rina (teman kantor ayah Zikra)

    ReplyDelete
  2. Terima kasih tante rina
    atas doa n comment nya
    ntar kapan2 zikra maen ke kantor Ayah dech..:p
    Zikra doain juga tante rina selalu sehat dan sukses cinta n cintanya...:)

    Zikra, selamat satu setengah tahun ya sayang,
    Insya Allah anak Ayah Bunda ini selalu sehat, tambah pinter, tambah soleh n lebih sering ngajinya yach..

    Ayah Bunda love u so much...:-*
    ntar kita jalan-jalan lagi yach sayang...

    ReplyDelete
  3. @tante rina:
    ternyata ayah ngasitau blog ini ya ke tante rina hehe, makasi udah mampir ya tan:) sering2 mampir dan kasi komen juga gak papa, malah kita seneng hehe:p

    oh gitu, oke deh nanti kapan2 kalo ayah lembur dihari sabtu kita bawa zikra kekantor. eh tapii, ntar dimarahin mr.hatori gak ya? kan gawat kalo baru dateng 'rangsung disuru purang':p

    ReplyDelete
  4. Met UlBul Kak Zikra. Makin gede makin kreatif dan pinter ya. Corat coret itu tanda kreatif lho hehehe. Semoga selalu sehat ya... dan jadi kebanggaan Ayah Bunda :-)

    ReplyDelete
  5. hihihi... zikra lagi main bola trus minta di bacain buku. Kl lagi bertanding kebobolan deh itu gawang, abis yang jaganya baca buku sih... :D

    ReplyDelete
  6. memang ternyata umur segini anak udah seneng corat-coret ya...
    gue baru aja cerita Shaina mulai seneng nulis2.. :)

    sehat selalu ya Zikra.. keliatannya gendut deh kamu haha.

    ReplyDelete
  7. Wah... Zikra enduuuuuuut... Mas Adit aja mau 3 tahun beratnya baru 12,5 kilo.. hihihihi..

    ReplyDelete
  8. Zikra met ulbul ya..
    Wah gpp deh beratnya turun yang penting sehat2 aja ya zikra..
    Kyara juga lg seneng coret2 nih, untung blm pake tembok untuk media gambarnya hihi.. Biasanya disediain buku gambar sama mama jd corettnya di buku gambar aja.

    Sehat terus ya..

    ReplyDelete
  9. Udah satu setengah tahun yah.. Wah makin pinter aja nich Zikra. Udah bisa mbukain pintu segala. Kalo Zaheer sich tingginya belom nyampe ke handle nya.

    ReplyDelete
  10. Zikra,
    met ulbul yah... sehat selalu, bagus deh jarang sakit. berarti badannya udah kuat :)/
    badannya gede kok zikra, liat itu pipi sama lengannya, kayak petinju hehehhe...
    kayaknya sih timbangan yg sekarang ini yg salah deh. klo timbangan manual justru hrsnya kurang akurat ya bun. heuheuee.......
    maminya vaya blm kasih spidol nih utk vaya, takut dia oret sana sini, berabe ntar hahahaa......

    ReplyDelete
  11. Blognya bagus bunda.
    Kalau mau sharing ilmu mengenai parenting atau topik apapun terkait perempuan, bisa mengunjungi portal ngerumpi.com

    selamat mengunjung dan bergabung di portal ngerumpi.com ya bund!

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates