Monday, July 27, 2009

My dream, his dream, our dream

Bismillah

Alhamdulillah sekarang kalo pergi2 yang agak jauhan bareng zikra udah gak perlu pake taksi lagi. Di rumah udah ada kendaraan yang siap pake. Bisa lebih sering ngajak zikra main, lebih nyaman dan lebih ringan di kantong urusan ngajak keluarga Pekanbaru/Lampung dateng jalan2.

Kita beli mobil ini nyicil. Alhamdulillah rejeki ayahnya zikra nambah per bulannya jadi kita bisa nyicil mobil. Cicilan rumah emang belum selesai sih, tapi itung2an bunda, insyaAllah kalo gak melesat jauh ya, itu semua selesai dalam 5 tahun ke depan. Sekarang udah jalan hampir satu tahun. Hoho masih lama yak? Yah gak papa lah, namanya juga usaha mewujudkan mimpi2. Dan itu semua emang investasi kan. Kalo nunggu 5 tahun lagi baru beli rumah/kendaraan, gak tau deh jadi berapa harga yang mesti kita bayar untuk item yang sama. Kayak beli mobil kemaren, kita beli di akhir juni. Sama salesnya dikasitau kalo juli harganya udah gak sama lagi, naik + 10juta. Apa itu strategi penjualnya yah, gak tau deh. Tapi yang bunda tau, 2 tahun yang lalu harga mobil yang kita beli sekarang udah lumayan jauh bedanya. Jadi bisa jadi bener kata si abang sales.


Emang sih urusan nyicil mencicil tergantung tipe2 orang yah. Ada yang ogaahhh banget nyicil2, kayak mamanya bunda di Pekanbaru. Si mama atau ucinya zikra adalah tipe yang ogah banget nyicil. Rugi katanya kalo ditotal2in harga keseluruhan. Yah kalo bunda ngeliatnya selisih harganya buat investasilah. Kalo nabung dulu baru beli ini itu, makk bisa lebih rugi lagi karna harganya belinya nanti udah berlipat2. Mungkin dulu perubahan harga dari tahun ke tahun gak kayak sekarang ya, jadi prinsip nabung dulu baru beli apa2 masih bisa diterapkan.

Emang gak enak sih nyicil sebenernya. Bunda ngerasain banget mesti ngepas2in budget bulan per bulannya. Kadang pengen banget beli atau ngapain gitu, bisanya gigit jari doang, karna gak ada pos buat kesana wakaka. Ya resikolah huhu. Mesti pinter2 ngatur pengeluaran, yang kadang suka kebablasan *namanya juga manusia ya hehe*. Kalo kepepet, ngandelin kartu kredit deh hehe. Yahh, yang penting gizi dan kebutuhan zikra terpenuhi dengan baik. Kalo diinget2 masa 5 tahun yang masih panjang, hiks.. jadi pusing sendiri. Moga2 masa 5 tahun ke depan bisa berlalu dengan cepat deh tanpa disadari wakakaka *mimpi di siang bolong banget yak*. Hiks.. moga2 ayahnya zikra bisa naik gaji lagi secepatnya hehehe.

Sedikit cerita tentang rencana sekolahnya zikra

Udah gak aneh lagi kalo sekolah sekarang tuh mahal banget. Kadang suka nyesek denger angkanya, kenapa bisa semahal itu. Bikin geleng2 kepala deh kalo denger cerita teman di kantor yang anak2nya pada masuk sekolah. Jangankan yang tinggi2, masuk TK/PG yang bagusan aja mahalnya amit2. Emang di tv dibilangin sih sekolah sekarang gratis, tapi sekolah yang mana? Gak tau deh tu kualitasnya. Sedih yaa...

Jadiii... bunda mesti nabung dari sekarang. HARUS.. kalo mau anak gak terbengkalai urusan pendidikannya. Nabung di bank kayaknya gak mungkin, secara gampang banget ngambil uangnya, tinggal tarik pake atm. Palagi keinginan suka dateng silih berganti, bisa2 gagal nabung buat sekolah zikra. So akhirnya bunda dan ayah mutusin ikut asuransi. Ayah baru2 ini ambil produknya prudential. Kebetulan temen kantor bunda ada yang jadi agennya si pru *selanjutnya disebut dengan pru aja biar gampang* ini. To be honest aja ya ngomongin produk, biar enak ngejelasinnya *bunda bukan agennya loh, tapi pengen someday kalo mau pensiun wakakaka*.

Mungkin udah banyak yang tau, tapi gak papa ya bunda cerita dikit. Maap, bukannya sok tau tapi mau share aja gitu buat yang mikir2 ambil asuransi. Jadi di pru ini produknya cuma 1, asuransi jiwa doang, gak ada yang lain. Cumaa manfaatnya bisa banyak, bisa buat pendidikan juga. Nilai plusnya? Jaminan kesehatannya. Apaan tuh? Jadi selain jiwa si penanggung diproteksi dari kejadian yang tidak diinginkan, kesehatannya juga diproteksi. Misal si penanggung sakit dan mesti rawat inap, si penanggung gak perlu pusing2 mikirin administrasinya. Tinggal kasi kartu dan semua beress, tinggal fokus biar cepet sembuh. Obat, ambulance, visit dokter, perawatan setelah rawat inap dll, ditanggung semua. Asik banget ya? Cumaa ini khusus untuk angsuran Rp. 500.000 tiap bulannya. Kalo di bawah itu yang didapet biaya kamar inap selama min 3 hari doang, biaya lain gak ditanggung. Ayah sih sementara belum ambil yang jaminan kesehatan itu. Selain alhamdulillah urusan kesehatan dicover sama kantornya ayah, angsuran gopek perbulan itu masih berat dikantong kita hehehe. Tapi bunda pengen naikin angsurannya jadi gopek per bulan kalo rejeki kita nambah lagi kapan2, biar dapet jaminan kesehatannya itu. Trus nilai plus lain, uang yang udah terkumpul dari bulan ke bulan bisa dipinjam sewaktu kita membutuhkan, jadi fungsinya sama kayak bank lah ya *cmiiw yaa*.

Yang ini rekomended lah pokoknya, walopun masih belum detail banget penjelasannya. Paling enggak ini salah satu usaha ayah bunda nyiapin masa depannya zikra. Bunda sebelum merit udah ambil asuransi juga di manulife. Manulife bagus, tapi bunda lebih rekomendasiin si pru ini buat temen2 yang lagi mikir buat ambil asuransi hehe. Gilee.. bunda iklan gratis nih, ntar minta komisi ah sama temen kantor bunda hehe.

Kalo ngomongin mimpi atau cita2, sebenernya banyak ya yang dimauin. Tapi balik lagi, manusia itu gak bisa punya semuanya dan cendrung gak pernah puas dengan apa di dapat. Kita semua juga begitu bukan? Emang harus ada prioritas dan sering2 ngeliat ke bawah biar bisa ngerasa tercukupi dan berbahagia. Bunda emang harus banyak melihat ke bawah *terutama disaat2 sedang pailit* dan banyak bersukur dengan yang bunda dapat. Urusan keinginan2 tak terpenuhi yang terselip dari bulan ke bulan, yah penting gak penting anggap gak penting2 amat deh:)

18 comments:

  1. Bundanya Zikra... Congratz ya... Pelan2 mimpinya terwujud juga.
    Seneng ya Vy, akhirnya bisa bebas kemana2 gak pusing mikirin kendaraan apalagi kalo lagi ada sodara :)
    Duh kalo aku rumah nih yang belum terwujud, kapan ya... :( Tp biar aku belum punya rumah sendiri harus tetap mensyukuri apa yang ada sekarang deh hehe..

    Soal Pru, samaan nih kaya zikra, aku juga pake pru untuk asuransi nya kyara. Udah masuk pru sejak kyara lahir (soalnya eyangnya kyara yang jadi agennya sejak dia pensiun hehe), dan kepake banget pas thn lalu kyara sempet dirawat di RS.Aku juga masih pake yang penggantian rawat inap aja, belum yang jaminan kesehatan keseluruhan. Tp udh lumayan juga lah, apalgi liat tabungannya bisa dipake kalo pas kyara butuh untuk masuk skolah dll ya.
    Ya moga2 yg kita siapin buat anak kita bisa berguna ya bund :)

    Ayo zikra ajak ayah bunda jalan2 tiap wiken :) tp jalan2 yg murmer aja biar gak bikin kantong aybund nya kering hehehe :)

    ReplyDelete
  2. asik asik. bisa jalan2 terus nih. tapi jangan kalap yah buuu. hehe.

    emang kalo ada kendaraan tuh enak yah, apalagi dah bisa nyetir ndiri. duh! either aku ato ayaynyah raya masih blom gape nih :( [doakan dalam 3 bulan lagih]

    kalo raya pake asuransinyah dari axa, dah include investasi, tabungan, asuransi jiwa, pendidikan juga sih. lumayan deh ya bu, supaya bisa bantu pas anak2 gede. beuh, biaya sekolah jaman sekarang. *ngelus2 dada*

    ReplyDelete
  3. Waw! alhamdulillah ya Bun udh punya investasi rumah n mobil..

    Iya, emang ada org yg tipenya ga mau nyicil - contohnya my hubby. Duh, repot juga nih... sy kadang pengen buru2 cicil rumah, mobil, etc tp my hubby ga mau pake cara nyicil. Jd deh sy yg gigit jari... kalah terus coz nurut kata suami aja deh... hehheeeheee.... Abiz nunggu uang ngumpul, bisa2 harganya udh selangit, ya ga?

    ReplyDelete
  4. Bagi saya, dalam hidup orang harus punya mimpi mbak. Tapi bukan sekedar mimpi, tapi dream with doing something. Trus soal mewujudkan mimpi itu dengan nyicil ya gak ada salahnya. Namanya juga pekerja yang dapat income per bulan, ya cara yang paling ringan buat beli sesuatu (rumah,mobil etc) ya dengan nyicil. Kalau nunggu duit ngumpul..alamaaak harga rumah makin membumbung tinggi, makin gak kekejar. 5 tahun itu gak berasa lho mbak, saya malah masih 8 tahun lagi nih rumah jadi hak milik hehehe nyantai aja, kalau dijalanin, Insya Allah jadi ringan :-)

    Soal rencana dana pendidikan anak, Ayahnya Dita baru ambil TRM (Tabungan Rencana Mandiri). Insya Allah, th depan mau ambil juga Prudential untuk Dita (setelah cash flow agak legaan hehe). Soalnya saya sendiri gak terasa sudah hampir 6 th "nabung+invest" di Prudential. Ya...istilahnya buat "nabung scr paksa" hehehe soalnya langsung didebet Kartu Kredit :D

    So....keep dreaming...with doing something. Insya Allah our dreams will come true :-)

    ReplyDelete
  5. tul banget bun, kalo liatnya ke "atas" terus mungkin kita gak akan sering2 berterima kasih ama anugrah yang udah kita terima. Iya, sekarang tuh biaya sekolah mahal2, kalo toh katanya gratis, tapi ada aja uang fotokopian, uang seragamnya yang jadi digetok, dll. Tega juga itu kadang guru2 yang hidupnya udah berkecukupan, ehhe jadi ngritik dikit deh nih jadinya

    ReplyDelete
  6. hihihi...aku juga tipe yg nyicil :D malahan beli ac aja nyicil. Abis mikirnya biar harganya 2-3 jt tapi klo pas kepengen duit ga ada ya lebih baik nyicil. Ga terasa deh :D

    Klo kendaraan aku masih yg sesuai kantong alias motor. Nah klo rumah nih yg masih kepengen :D
    Doain aja ya Mba,...insya Allah mimpi saya juga bisa terwujud dalam 3-5 thn ke depan....

    ReplyDelete
  7. Bund,
    Selamat ya udah ada mobil baru. Pastilah senang banged, berhasil mencapai sesuatu dr yg udah diusahakan selama ini pasti terasa begitu nikmat. :)

    Itu teras yg zikra sk makan di situ ya? Wah klo zikra uda gedean musti dikunci kali ya, biar ga main2 sendiri, sapa tau aja yg jaga lengah.

    Hmm kemarin aku jg udah ambil prudential, tp ambil pure investasi, dan single insurance (eh itu bukan namanya bun, yg sekali setor aja utk seterusnya). Soalnya vaya kan da ditanggung kantorku trs jg asuransi dari ktr ayahnya jg dapat, jd males klo double2 nanti claimnya jg ga bs. Tp belakangan baru tahu dr prudential klo mereka terima copy invoice legalisir, huh nyesel juga kmrn itu ga sekalian dgn askesnya.

    Tp bener banged kt bunda, kita emg hrs sering2 lht ke bawah biar bs mensyukuri apa yg sdh kita punya. Sip dahhh :)...

    ReplyDelete
  8. mudah mudahan semuanya keinginannya bisa terwujud ya bunda...amiin...! lam kenal ya...thanks

    ReplyDelete
  9. wah asyik ya, Zikra jemput Pascal dong kesini :)

    ReplyDelete
  10. alhamdulillah..setidaknya kebutuhan basic terpenuhi..ikutan seneng deh;)emang tinggal dikota besar punya rumah&kendaraan pribadi kaya'nya dah suatu "kewajiban" yah..apalagi dah berkeluarga dan punya keluarga besar..yg kadang berkunjung kan bisa lebih menyenangkan.soal pendidikan..nah nie dia persoalan negara kita..sampe skrg pun aku gak tahu yg mana sekolahan gratisnya..yg ada malah hanya org2 yg "mampu" ajah yg bisa sekolah,apalagi sampe milih2 sekolah..yg miskin makin terpuruklah:( alhamdulillahnya di Canada niy sekolah umumnyanya(public school) gratis kecuali private school.malah dgn mudah juga kalo kita milih home schooling;)

    ReplyDelete
  11. alhamdulillah, sedikit2 semua mimpi terwujud ya bun... udah py mobil, makin sering jalan2 dong bun. :D

    ReplyDelete
  12. vy, rumah lo gede juga ya....5 thn mah cpt bu gue malah 15 taon buuuuuu, wakakkaka....

    asik ya zikra udah punya mobil tp mana nih penambakan bodynya? hehehhe jd gak pusing lg kalo ada acara ya. Kalo udah bisa nyetir enak bgt kmn2 gak bergantung suami. gue berasa bgt kmrn pas pindahan musti bulak balik cari ini itu bisa mandiri trus kalo alma perlu ke dokter tp suami blm pulang bisa anter sendiri.

    ReplyDelete
  13. @all, makasih ya semuanya. moga2 mimpi2 kita bisa terwujud ya amiin.

    @mami vaya, iya mi kadang zikra kalo lagi makan dibawa makan ke teras. kalo dulu seneng dibalkon, sekarang lebih sering yang dibawah hehe. tapi zikra kalo keluar selalu dijagain kok, lagian dia juga gak mau turun sendiri dari teras itu kalo gak ada yang dampingi hehe:)

    @bunda alma, luas tanah gak jauh beda sama lo cha. tapi pas beli, rumah gue ini udah tingkat full atas bawah. masa lo 15 taon? bukannya pake tabungan dan udah beres sekarang? gue mah gak ada tabungan, makanya mesti nyicil:p
    mobilnya mah yang standard aja bu, avanza warna item. penumpang bisa lumayan banyak, bodi gak terlalu gede dan harga yah.. masih kejangkau lah hehe:) bener cha, alhamdulillah bisa bawa mobil. jadi enak bisa mandiri kalo kepepet bisa langsung tancep gak pake lama:p

    ReplyDelete
  14. Gak papa Bun, nyicil. Kan yg dicicil rumah jadi ada nilai investasinya. daripada nyicil beli yg macem-macem harganya gak akan meningkat dr tahun ketahun.

    Sama juga nih asuransinya pake prudential sama alika, alika udh aku asuransikan dr dia lahir. persiapan untuk sekolah untuk 10thn kedepan kita kan gak tau berapa hrg sekolah yg bagus nantinya, yah prepare dana dari sekarang ajah deh mendingan biar aman :)

    ReplyDelete
  15. wahh, selamat ya bun skrg klo kemana2 udah asik nihh..

    aku jg tmasuk yg males nyicil2, soalnya suka agak berat hati pas bayar cicilannya tu..hihi :D tp puji Tuhan dgn mengetatkan ikat pinggang n cuma bisa ngiri aja klo liat orang2 pada jalan kesana kesini, akhirnya bs kebeli juga rmh & mobil yg mungil2 (mampunya cm yg mungil aja nih..hehe )

    and bener bgt ya bun..klo kita ngeliat keatas terus, kapan bersyukurnya..yg ada pasti malah ngerasa gak puas terus..

    sama nih, samy jg asuransinya pake pru dan manulife..tp aku lebih suka manulife yg pure asuransi pendidikan itu loh bun, bunda pake produk yg itu jg kah? soalnya udah pasti 10 thn kemudian dapetnya berapa..klo yg pru itu kan masih floating menyesuaikan dgn suku bunganya yaa..

    ReplyDelete
  16. @shinta, iya bener. nyiapin dana buat anak sekolah lebih baik lah daripada nyiapin dana untuk dia beli rumah atau mobil atau benda lainnya, ya kan?

    @cicie, hehe iya alhamdulillah udah terbantu bangetlah mi dengan mobil ini, makasi ya mi:) wah selamat juga ya mi udah ada yang 'mungil2' itu, yang jelas sekarang kebutuhan rumah dan kendaraan terpenuhi lah, moga2 nanti bisa tukar dengan yang gedean hehe:)
    kalo aku dimanulife ambil yang asuransi jiwanya mi, bukan yang pendidikan soalnya ambilnya sebelum merit sih. kalo di pru emang sih bunganya masih floating tapi dari sejarah tingkat suku bunganya naik terus dari tahun ke tahun. yah moga2 aja naik terus deh hehe. tapi apapun asuransinya yang penting usaha kita nyiapin dana buat anak sekolah lah ya:)

    ReplyDelete
  17. hai jeng.. salam kenal =D
    aduuh,, jadi maluuh, umurnya sama, tapi aku belum berbuntut.. insyaAllah baru mau married..
    seneng nemu blog ini, semoga bisa nambah temen ya jeng =D
    oya, mampir site aku jeng, www.bossluarbiasa.co/?id=maisyafree, bisa buat gaji kedua lho..asyik deh =D

    ReplyDelete
  18. Il semble que vous soyez un expert dans ce domaine, vos remarques sont tres interessantes, merci.

    - Daniel

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates