Saturday, July 11, 2009

17 months old Zikra

Bismillah

Anak bunda udah 17 bulan, sebulan lagi satu setengah tahun umurnya. Bulan demi bulan berlalu, gak kerasa tau2 zikra udah gede aja. Gimana perkembangannya di 17 bulan ini?

Gigi udah 16, walo ada beberapa yang baru nongol sedikit. Total geraham dan taring masing2 4 buah.

Kelihatannya jadi makin keras kepala. Moga2 enggak sih ya. Cuma sekarang kalo lagi maunya tu gak bisa banget dipaksa. Pasti deh bikin geger seRT dengan teriakannya. Ampuunn deh dengernya. Yang gak enaknya kalo pas jamnya solat berjemaah di mesjid. Ayah bilang teriakan zikra sampe kesana. Gak enak banget lah. Makin gede makin keliatan ya watak anak. Zikra pada dasarnya anak baik dan manis kok, mungkin emang masanya kali ya.

Makin supel dan ramah ke orang. Orang2 sekitar sini banyak banget yang bilang zikra ramah, supel dan ganteng *wakaka numpang narsis sesekali gak papa lah ya*. Gak peduli yang dia temui tua muda, cewek cowok, pasti pasang senyum super manis. Terus ngedadahin. Alhamdulillah bunda seneng banget anak bunda begini, moga2 ke depannya zikra gampang bergaul dengan orang2.

Mulai niruin gerakan sholat dan ngeparkirin mobil. Tadinya kita dirumah mikir zikra ngapain kok suka angkat2 tangan trus nungging2 tiap ada yang abis solat. Lama2 baru sadar... ohh rupanya dia niru gerakan sholat kita. Tapi lucu banget, kadang nunggingnya kayak mau cari barangnya yang jatoh ke bawah tempat tidur. Makanya kita gak ngeh hehehe. Terus juga, ngeparkirin mobil. Pas dia liat ayah bantuin bunda parkirin mobil, dia pun sibuk ngarah2in tangannya. Gak lupa sambil bilang gini: ‘ssss’... maksudnya ‘terus... terus’, atau ‘op.. op..’ maksudnya ‘stop’. Kalo udah selese jempolnya diacungin hehe.

Mulai gak mau disuapin lagi kadang2. Zikra mulai ogah2an makannya. Ujung2nya bunda tau kalo yang bikin dia ogah itu ternyata karna dia mau makan sendiri. Gak mau makan kalo nasinya dari sendok yang kita suapin, maunya dari sendok yang dipegangnya sendiri. Tapi gak jarang juga makanannya cuma jadi mainannya. Ini kadang bikin bunda gak sabaran deh.

Udah bisa ngikutin nyanyi dikit2. Kalo lagi diputerin/dinyanyiin lagu anak2, dia mulai menggumam gak jelas, trus memperdengarkan nada naik turun. Coba2 nyanyi kayaknya, tapi suaranya masih pelann banget hehe. Nyanyinya masih malu2 nih. Yang bikin lucu zikra suka nyoba2 nyambungin suku kata diakhir2 lagu, kadang pas kadang ngaco. Seringnya malah ngaco hehe.

Perkembangan bahasa. Udah bisa bilang 'dah.. dah..' tiap selese ngerjain sesuatu. Udah bisa diajakin ngobrol yang seperti ini:
zikra udah mamam? 'dah..'
zikra udah mandi? 'dah..'
bunda gendong ya? 'enggakk..'
bunda suapin mamam ya? 'enggak...'

Kesimpulannya: tiap ditanya udah atau belum, jawabannya selalu 'dah', atau tiap gak mau diajakin sesuatu, udh bisa bilang 'enggak'.

Ngikutin lagu anak2:
(balonku) meletus balon hijau? 'dooo....'
(bintang kecil) jauh tinggi ke tempat kau bera? 'daa..'
(potong bebek angsa) sorong ke kiri sorong ke kanan? 'lalala..'

Jadi makin sensitif. Ada kejadian mengharukan kemarin pagi. Zikra seperti biasa makan telor ¾ mateng setelah yogurtnya abis. Kemaren itu zikra ogah2an ngabisin telornya, lamaa banget. Bunda mule gak sabaran karna udah dibujukin gimanapun tetap ogah2an dianya. Sampe akhirnya dia ngelepehin telornya yang cuma seuprit itu *telor ayam kampung kan lebih sedikit porsinya dari telor biasa* untuk kedua kalinya, bunda kesel dan jadilah bunda pura2 ngambek. Zikra cuek aja, tetep asik main sendiri. Trus gak tau gimana, badan zikra nyenggol ujung meja. Dia merintih kesakitan. Mukanya kayak mau nangis, dan mulai merengek. Mau dateng ke bunda minta dipeluk, jadi urung karna dia liat bunda masih pura2 ngambek. Bunda liatin aja zikranya. Trus tiba2 bunda jadi kasian jadi bunda pun berenti ngambek. Bunda senyum ke dia. Zikra langsung lari ke arah bunda. Dipeluknya bunda sambil kepalanya disandarkan ke bahu bunda. Duhh bunda jadi terharu, jadi sedih sendiri kenapa gak dari tadi bunda meluk dia. Zikra tau kalo bundanya lagi marah, maknya dia gak mau mendekat takut bunda gak mau meluk dia. Abis itu zikra mau ngabisin telornya. Zikra sayang, maapin bunda ya nak.

Selamat ulang bulan sayang, tetaplah jadi anak baik dan manis kebanggaan ayah bunda. Semoga Allah melindungi dan membahagiakan zikra selalu..

Ket foto: baru bangun tidur belum mandi dan masih dengan piyamanya melahap abis yogurtnya sendiri (awalnya bunda bantuin suapin) sampe ke kotak2nya digigitin saking nafsunya sama yogurt.

13 comments:

  1. Met ulbul yaa Zikra cakep..
    Wah makin pinter aja nich Zikra.. Bulan depan dah bisa nyanyi tuch, n dan bisa mamam sendiri.

    Itu dikasi telor 3/4 mateng nya tiap hari bun?

    ReplyDelete
  2. Selamat ulbul zikra..
    Bagus dong bund kalo zikra mulai mau pegang sendok sendiri, tar lama2 pasti pinter makan sendiri. Tinggal kitanya yg emang mesti sabar banget liat makannya jd lama n berantakan. Tp itu kan proses :)
    Tar makan bareng sama kyara ya, zikra..
    Wah zikra empati nya dah mulai muncul nih, ntar udh besar jadi pelindung bundanya ya..

    Sehat terus ya zikra.. Dan selalu sayang sama ayah bunda :)

    ReplyDelete
  3. Zikra happy ulbul ya, tambah pinter ya sayang.. Itu seru banget sih makan yogurtnya..

    ReplyDelete
  4. Zikra Selamat ULBUL ya sayang...
    anak Ayah ini, insya Allah lebih pinter lagi dan tambah hebat ya nak...

    selalu sehat ya sayang..

    Ayah Bunda love u so much...:)

    ReplyDelete
  5. Zikra rajin sholat ya, smoga terbawa terus amapai besar

    ReplyDelete
  6. wah ternyata sama aja ya sifatnya....lagi doyan ngambek heheheh...ina juga kayak gitu mom, kalo udah punya mau ngga bisa dilarang, kalo ngga dikasih nangis jerit2, ngga bisa dibujukin lagi, ampyun dechh....mdh2an ini cuma masanya aja ya mom, tambah besar mdh2an sifat ngambeknya berkurang...

    met ulang bulan ya zikra...wah udah pinter nyanyi nech...karaoke-an bareng sama ina yuuk hehehe.....

    ReplyDelete
  7. 'met ulbul ya zikra.. tambah pinter aja & tambah gemesin ya.. :)

    ReplyDelete
  8. Met UlBul kak Zikra. Selalu sehat, tambah pintar dan tambah dewasa waks! :D

    ReplyDelete
  9. met ulbul ya zik..makin pinter aja cowok ganteng ini..sehat2 terus yaa ;)

    ReplyDelete
  10. @desy noer:
    makan telor ayam kampungnya tiap hari ma, kalo kebetulan stok kosong dan kita gak sempat beli ya gak makan hari itu:p

    ReplyDelete
  11. hallo bunda ;-). salam kenal juga. lucuuu bangettt anaknya! happy 17th months ya Zikra. tambah pinter, tambah sholeh, tambah sayang papa mama ;-)

    ReplyDelete
  12. zikra met ulbul ya.
    duh tante telat nih.. :D
    duh zikra jgn buat bunda sedih dong... nanti klo dicuekin zikra pasti sedih juga kan?

    tp memang sedih ya klo nyuekin anak, pdhl maksud hati biar dia gak nakal lg, tp tetep aja ga tega klo liat wajahnya yg memelas.
    si vaya jg gitu, klo dimarahin, dia takut dan buru2 peluk maminya. tp lebih sering melawan sih, heheheee......

    ReplyDelete
  13. selamat ulbun zikra sayang..makin pintar yah..dan semangat trus belajarnya..pokoknya apaaa ajah yg baek dan bermanfaat;)

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates