Thursday, June 11, 2009

Ulang bulan ke-16

Bismillah

16 bulan alias 1 tahun 4 bulan. Alhamdulillah zikra masih asi, walau makin sedikit tapi bunda masih berbangga hati anak bunda masih dapet cairan emas itu sampe sekarang.

Gak kerasa zikra udah 16 bulan, makin gede. Makin gak kuat ngegendongnya, tapi anak bunda ini suka banget minta gendong dan manja2an ke kita. Kalo diliat udah kayak orang gede. Jalan udah lancar, lari udah mulai, cuma ngomongnya aja yang masih kurang. Tapi alhamdulillah yang penting zikra sehat, ceria, yang belum2 biarin deh.

Gimana perkembangan anak soleh bunda?

  • Udah bisa nyocokin shape2 segitiga ke bloknya. Ini mainan baru buat dia dari datuk nenek lampung. Udah bisa nyusun sih, tapi masih gak beraturan suka2 dia. Yang penting dia udah bisa nyocokin bentuknya, karna ini mainan kata label dikotaknya untuk 3tahun+. Gak tau deh tu bener apa enggak? Heheh...
  • Bisa goes2 kakinya ke mobil kecilnya. Ini mobil juga dari datuk nenek lampung waktu maen ke sini. Yang diutak-atik lah klaksonnya, pad musiknya, naro maenan ke bagasinya sampe goes2in kakinya buat jalanin mobil itu.
  • Kalo dibilangin ‘no no no’ telunjuknya suka digoyang2 niruin gaya bunda kalo lagi bilang no, gitu juga kalo bunda bilang ‘sssttt...’’ telunjuknya jadi ditaro ke bibir niruin gaya bunda.
  • Gigi udah 14, tapi yang 6 masih sedikit2 keluarnya, belum nongol semua.

Gimana zikra nyusun trianglenya? Seru sih sesuka dia aja, bunda juga ikut bantuin biar makin seru hehe..




Perkembangan bahasa
Zikra sekarang tiap sore bunda ajakin main keluar. Ini emang program bunda biar dia lebih sering sosialisasi dan moga2 bisa jadi sisi positif buat dia semangat ngomong. Kurang lebih udah jalan 10 harian lah keluar rumah tiap sore ini. Apakah cukup efektif? Yah lumayan walo gak pesat banget, zikra masih suka malu2 nih ketemu temen baru kalo lagi rame, kalo berdua sih gak takut zikranya.

Udah bisa jawab kalo ditanya: ‘anak bunda namanya siapa? ziii?’ ‘Kaaa’ atau ‘daaa’; ‘satu dua tiii?’ ‘gaaa’ atau ‘jaaa’; 'ci luk?' 'baa...'

Tambahan kosakata: ‘kakak’, ‘udah’, ‘no’

Soal asi dan temen2nya
Dalam sehari paling TOP zikra dapet 200ml asi sekarang, itung2an bunda yah dari ‘glek’nya dia tiap nenen. Bunda suka bandingin dari susu dibotol, sebanyak apa trus abisnya berapa lama? Yang normalnya 180ml lah, tapi moga2 aja bisa lebih dari itu. Who knows? Trus, pendampingnya asi ada apa aja?
UHT ultra: 300ml (abis makan pagi 1 kotak 200ml, sebelum tidur 100ml)
Chilkid platinum: 180ml (pagi abis makan yoghurt 80ml, abis makan siang 100ml)
Yoghurt yoplait petit miam atau yummy plain: + 60gr (bangun pagi pertama sekali yang dikonsumsi)
Jus apa aja yang dicampur sama UHT: 1 gelasnya zikra (abis main sore2 kurang lebih 160ml)

Kadang kelewat nih 1 sesi nyusu atau jus kalo kita lagi jalan, tapi kalo uht dan yoghurt insyaAllah tetap begitu.

Soal MPAsi
Udah lama gak cerita perkembangan mpasinya zikra. Zikra makannya masih semi2an, gak kasar gak halus. Soalnya waktu umur 14 bulanan, zikra dicobain potong agak kasar sayurnya (waktu itu wortel) eh diBABnya keluar bulet2 gitu juga. Jadi rencananya bunda akan coba lagi lebih dikasarin lagi setelah umurnya 16 bulan ini. Moga2 dia mau ngunyah. Tapi jangan salah, biar makannya begini zikra udah gape banget makan krupuk dan sejenisnya. Kayaknya kalo lagi makan besar doang dia jadi malas ngunyah hihihi. Udah bunda kenalin ke cabe juga, tapi masih jarang banget. Dia gak suka. Udah bunda cicipin martabak telor yang suka dibawain ayah sepulang kantor, eh dia doyan, padahal kan agak pedes tuh. Intinya bunda suka nyicipin dia apa yang bunda makan. Tapiii... porsinya masih sangat dibatasi untuk makanan2 tertentu, seperti martabak telor tadi karna gak sehat. Cara makan juga masih sambil main. Bunda belum tau kapan mau disiplinin dia lagi untuk makan sambil duduk, soalnya udah dicobain dan hasilnya lamaa banget dan kita juga capek karna dilepehin mulu sama dia. Ya udah yang penting mamamnya abis walo sambil main.

Hobi terbaru
Minta dibacain buku ceritanya tiap
kali ngeliat buku itu.

Yang jelas bunda seneng banget zikra sekarang lagi mau2nya makan dan minum susu. Masalah BB belom tau, terakhir nimbang diposyandu sebulan yang lalu 10.3 kg. Padahal sebelum nimbang diposyandu, beda 3 hari doang dipekanbaru bulan lalu dapet 10.7kg. Gak tau mana yang bener. Selamat ulang bulan anak bunda, doa ayah bunda selalu menyertai zikra:)

13 comments:

  1. Met ulbul Zikra.. Tambah pinter yaa n tambah cakep..

    ReplyDelete
  2. selamat ulang bulan yah Zik! tambah pinter dan tambah lincah yah! dah pinter dan ahli nih main balok2 segitiganya!

    ReplyDelete
  3. selamat ULBUL Anak kesayangan Ayah...
    sehat selalu, tambah kuat dan cerdas ya Nak...
    semoga Allah selalu melindungi Zikra dari segala macam bahaya, amien...

    i love so much son...

    ReplyDelete
  4. met ulang bulan zikra.
    wahh.. sekarang makannya udah jago ya? asyik deh, bundanya gak pusing lagi urusan makannya zikra ;)

    ReplyDelete
  5. wah zikra met ulbul yaa...
    makin gede aja ya. bentar lg 18 bln deh.......

    wah kalo makannya lancar pasti bundanya senang, apalagi kalo makin pinter ini itu.

    zikra udah bisa main mobil2an ya? si vaya blm mau nih, padahal da sewa mahal2 heeehehee...

    met ulbul ya zikra, semoga sehat2 selalu..

    ReplyDelete
  6. Wah, Kak Zikra sudah dikenalin cabe? Suka ya? Tapi emang beberapa anak justru doyan makan kalau ada rasa pedes2 nya ya.

    Selamat Ulang Bulan ya Kak Zikra. Semoga selalu sehat dan makin pinter. Salam dari Dita :-)

    ReplyDelete
  7. met ulbul ya zikra..
    wiihh pinter nih zikra suka membaca yaa..good boy :)

    ReplyDelete
  8. Selamat UlBul K' Zikra...

    Duh, senangnya membaca perkembangan K' Zikra, makin pinter yach....

    Untuk hobi barunya seru tuh! Ayo Bun, budayakan gemar membaca dan mendongeng... :)

    ReplyDelete
  9. wah keren tuh vy zikra mau dengerin cerita,kalo alma susah banget soalnya gampang ke distract konsentrasinya. sering ngajak maen keluar tuh banyak gunanya loh, alma aja jadi tau banyak hal plus jadi ngetop sekomplek, hehehe. Met ulbul ya zikra...

    ReplyDelete
  10. wah Zikra hebat tuh... jalan2 di sekitar komplek bagus lho... banyak teman, ntar pasti perkembangnnya semakin cepat...

    ReplyDelete
  11. wah skrang zikra punya kebiasaan baru ya..jalan2 sore...emang bagus mom, anak jadi cpt pinter krna sering melihat tingkah laku teman2nya...kalo ina teman2nya kebanyakan udah gede2, kalau siang sepulang sekolah teman2 ina main ke rumah ina sambil naik pohon mangga....nahhh ini yang bikin ina suka manjat2 hehehe....

    trnyata zikra udah kenal cabe yaa...bagus nech, anak cowok harus doyan pedas heheheh..

    selamat ulang bulan zikra....ayo kapan mo ketemuan sama ina, nanti lomba makan kerupuk sama ina yaa....

    ReplyDelete
  12. Waahhhh anak bunda makin guanteng, makin pinter dan makin lucuuu yaa...duh bikiin gemes aja neh...ini neh umur2 segitu tuuhh lagi lucu2nya dan aktiiipp bener yaaa....lagi senengnyamendengar meniru dan mengenal sesuatuuu..bundanya kudu sempetin ngajak maen yaaaa hehehe....

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates