Monday, June 08, 2009

dilemma antara UHT dan Susu Formula

Bismillah

Sebagian ibu mungkin dipercaya total oleh suaminya urusan gizi anak, bisa menyoal makan bisa juga urusan menyusu. Enaknya kalo emang begini si ibu bisa bebas sebebasnya memilih apa yang akan dikasi ke anaknya *yang terbaik yang bisa diberikan dong pastinya*, gak perlu pusing ada yang mengkomplain. Nah kalo suami selalu mau ikutan nimbrung, mau tau dan ikutan nentuin soal gizi anaknya, bisa jadi lebih asik karna ada tempat sharing dan diskusi atauu... bisa juga jadi nightmare bagi sang istri hahha.

Ceritanya mau share sedikit pengalaman bunda karna belakangan bunda sering adu argumen sama ayah soal susunya zikra. Ayah pengen disamping asi, zikra dikasih sufor karna alasan ini itu, sementara bunda pengennya zikra minum asinya didampingi sama uht. Kalo asi bunda masih banyak mungkin ini bukan masalah besar ya, nah apa mau dikata karna asi bunda menurun produksinya mau gak mau minum susunya zikra harus didampingi.

Mungkin sebagian ibu-ibu ada yang mengalami ini, harus kasi penjelasan ke suami soal keputusannya memberikan uht sebagai pendamping asi *bagi ibu2 yang pro ke UHT tentunya*. Selama ini memang bunda kasi penjelasan ke ayah ‘ala kadar’ aja, jadi ayah kurang puas. Zikra setahun, bunda positif kasih uht sebagai pendamping. Gak ada sufor2an. Alhasil sejak 14 bulan, karna ayah bawel pengen ngasih zikra sufor juga, akhirnya zikra kena sufor lagi. Sufornya merk chilkid platinum, bodo deh mau nyebut merk juga, alhamdulillah zikra lumayan doyan. Jadi sejak itu zikra minumnya asi, uht dan sufor. Bunda karna males debat dan males nyari info lebih dalam lagi, jadi nurut2 aja *emang malas gak ada bagus2nya kan?*. Cuma belakangan kok ya kuantitas sufor lebih banyak ketimbang uht, walo asi masih jalan terus. Wahh gak bisa nih, pikir bunda. Jadilah bunda bertekad mencari lebih banyak keunggulan uht ketimbang sufor *setelah kemarin siang debat sama ayah dengan sangat serunya hiks*. Jadi berikut inilah yang bunda dapat dari hasil googling hari ini (di artikel ini dan di artikel ini):

  • UHT (Ultra High Temperature) diolah dengan pemanasan suhu tinggi (135-145'c) dan dalam waktu singkat selama 2-5 detik. Pemanasan dengan suhu tinggi ini bertujuan untuk membunuh semua mikroorganisme dan spora, sementara waktu pemanasan yang singkat tujuannya untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa yang gak jauh beda dari susu segarnya. Sementara susu formula, kandungan gizi yang terdapat di dalamnya udah gak alami lagi, melainkan buatan. Unsur alaminya rusak dalam proses pembuatan yang panjang untuk menjadi bubuk, jadi harus ditambahkan dari unsur buatan sebagai pengganti vitamin dan mineral yang hilang.
  • Sekarang susu UHT dikemas menggunakan 6 lapir kertas plastik polyethylene, dan alumunium foil yang mampu melindungi susu dari udara luar, cahaya, kelembaban, aroma luar dan bakteri. Susu UHT dalam kemasan ini tahan disimpan dalam suhu kamar sampai 10 bulan TANPA BAHAN PENGAWET, sementara susu formula yang tahan disimpan maksimal dalam 2 tahun HAMPIR PASTI ada pengawetnya.
  • Susu formula banyak yang diperkaya dengan AA DHA dan segala macamnya, makanya banyak yang tertarik dengan kandungannya ketimbang susu UHT. Padahal anak di umur setahun hanya membutuhkan kalsium dari susunya. AA DHA bisa didapat dari makanan, misal kandungan AA DHA yang paling tinggi ada pada ikan2 laut. Jadi kalaupun anak malas minum susu, ibu bisa ganti menu ke yang banyak produk susunya, misalnya keju. Atau perbanyak minum produk susu seperti yoghurt. Kalau anak malas makan gimana? Bisa divariasiin menunya biar anak tertarik atau diganti suasana makannya. Atau mungkin pake krupuk dan sejenisnya? Hahaha pengalaman pribadi nih.
  • Masalah harga. Mungkin kalo dihitung2 memang UHT lebih murah dari segi harga. Tapi kenapa enggak kalo ada yang lebih murah tapi lebih baik? Uangnya bisa ditabung buat keperluan lain, buat stok ikan salmon atau yoghurt misalnya? Jauh lebih baik kan pastinya. Wah kalo masalah yang murah2 tapi oke bunda demen banget lah hahaha.


Kalo mau dibilang, it's worth for everything lah UHT ini. Sebenernya kalo mau lebih baik lagi ada fresh milk. Tapi kekurangannya yang fatal buat bunda adalah masa simpannya yang singkat. Duh nanti dulu deh, zikra juga gak jor-joran banget minum susunya, bisa2 keburu basi tuh susu. Intinya bunda gak mau lagi zikra lebih banyak dapat susu formula. Yah moga2 ayah bisa nerima penjelasan bunda jadi bisa balik total ke UHT lagi hehe. Monggo ya ibu2 kalo mau ikutan sharing disini :)

17 comments:

  1. Iya juga ya, pikir-pikir mending pake susu UHT daripada sufor. Cuma masalahnya di tempatku agak susah nyari UHT. Ada juga tempatnya jauh. Jadi selama ini Zaheer aku kasi sufor aja selama aku tinggal kerja. Kalo dulu-dulu siy sama, dikasi dari produk Morinaga, cuma akhir-akhir ini bosen kali yaa, jadi pindah ke Bebelac. heheh.. Btw ga papa neh nyebutin merk?

    ReplyDelete
  2. Aku dulu sempet kepikiran beralih ke UHT, cuman tahu2 nabilanya dah 3 tahun, dah bisa milih sendiri, kemakan iklan di TV,
    ya sudah ikutin aja ...

    ReplyDelete
  3. Bun, temen sekantorku kmrn crita sm iparku, anaknya 2 th kurang tiba tiba berubah perilakunya jadi kasar, suka mukulin orang dan badung bgt! Then dibawa kedokter untuk konsultasi. Dokternya blg itu efek samping dari sufornya, ya sufornya zikra itu bun. Mungkin ngga si sufor mempengaruhi perangai sianak?

    ReplyDelete
  4. Waa..ayahnya Zikra peratian banget yah mpe masalah susu ajah ikutan nimbrung hehehe..biasanya kan suami nyerahin semua urusan begitu ma istrinya, tinggal tau beres ajah yg penting anaknya sehat dan lucu, ga mo tau anaknya mnm susu formula ato UHT :D

    Klo pengalamanku siy, azka sempet mnm sufor morinaga itu, yah sehat2 ajah. Waktu umurnya 1 th mix sufor ma UHT. Knp milih ada sufor, krn enak, mnmnya bs anget, klo UHT kan ga anget. azka asinya ga sampe 1 th krn akunya stress, produksi asi seret. Jd emang dr sebelom 1 th dia kena sufor. Mulai umur 1,5 th br azka mnm susu UHT full mpe skrg dan sejak itu dia genduuut banget hahahaha...

    ReplyDelete
  5. biasa kalo berargumen soal anak. artinya ayah kan juga perhatian. kalo aku gak pusing2... angie sufor (siang dan malam) + yoghurt. kadang2 diberi UHT kalo pas beli. di rumah langganan yoghurt. di sini ada langganan fresh milk yang antar setiap hari. yagn penting zikra tetap sehat, itu yg terpenting. foto zikra lucu banget!!!!

    ReplyDelete
  6. moga2 ayah dengerin bunda y.. kan ayah perhatian jg sm zikra.. tp ngomong2 alesan ayah pengennya sufor apa bun?

    Kl kt sy UHT lebih bagus, malah sy sering kasihnya yoghurt ke anak2

    ReplyDelete
  7. aku stuju pake uht ^_^ karena raya juga full uht selepas asi. itu semua yang ditulis bunda zikra dah ok bangedh kok, tinggal di print trus disodorin ke ayah. pasti ayah manggut2 dan uht masuk ke blanja bulanan tanpa tambahan sufor. jieh, sotoynyah.

    badannya zikra dah gendut yah. lucu bangedh jadinyah. mamam banyak ya zik.

    ReplyDelete
  8. Minum susu apapun, doa bunda semoga dede Zikra sehat selalu ya...

    ReplyDelete
  9. wah..artikelnya pas banget nih bun..
    aku lagi bingung mau kasih sufor or UHT soalnya bentar lagi tania udh mau setahun..
    aku juga lagi cari banyak informasi ttg beda nya sufor dan UHT..klo baca iklan2 sufor aduuhhh itu kyanya menjanjikan banget klo zat2nya bikin anak tumbuh sehat dan cerdas tapi setelah browsing..kok rasanya aku akan lebih pro UHT nih..
    thanks ya bun review nya.. nice info banget deh..

    ReplyDelete
  10. @desy noer:
    masa sih susah nyarinya ma? UHT ultra kayaknya ada dimana2 deh. nyebutin merk? gpp lah ma hehehe:)

    @ina-nabila:
    hehe nabila udah bisa pilih susunya sendiri yah:) udah gede si yaa:)

    @ayu:
    masa sih mom gara2 sufor tingkah laku anak jadi berubah? aku rasa sih enggak ya, tapi gak tau juga deh. nanti coba googling deh, thanks ya:)

    @vera:
    hehe iya ma, ayahnya zikra suka ikutan nimbrung soal anak. banyak enaknya sih, tapi ya kadang ada gak enaknya juga heheh:) wah azka uht sampe sekarang ya? moga2 zikra juga bisa ikutan deh hehe:)

    @yenni:
    heheh makasi mom. bukan apa2 mom, kalo ada yang lebih baik kenapa enggak? ya kan? lagian sufor kan lebih banyak kandungan gulanya:(

    @ke2nai:
    ayah zikra lebih suka sufor karna sufor banyak kandungannya seperti AA DHA dan apa lagi itu di chilkid platinum yang bisa buat otak anak lebih berkembang. padahal zikra juga seringnya makan ikan, tapi ayah pengen maksimal katanya. huhu susah deh:(

    @bunda raya:
    iya bun, zikra juga lebih suka UHT kayaknya:) udah disuruh baca nih blognya, tapi si ayah masih gak terlalu bersemangat sama UHT. yah pelan2 aja deh transisinya:p

    @reni:
    aminn, makasi doanya ya bunda kayla:)

    @mama tania:
    iya ma, UHT high recomended banget deh:)

    ReplyDelete
  11. kalo ina dari bayi udah minum susu formula soale sampe seminggu ASIku blm keluar juga, tapi setelah seminggu ina minum ASI + sufor....atas saran dokter ina dikasih susu Bebelac (ga papa kan nyebut merk), setelah 6 bulan ganti Chilmil, setahun ganti Nutrilon Royal trus udah 2 bulan ini ganti ke Procal Gold....

    Trus ina pernah aku coba kasih susu UHT tapi gak mau tuchhh, gak tau knapa, pdhal aku udah beli banyak, akhirnya daripada ngga minum susu sama sekali terpaksa dech dikasih sufor....

    Soal lebih bagus sufor atau UHT tergantung orang tuanya masing2, yang terpenting adalah anak kita sehat dan cerdas berkat susu....

    ReplyDelete
  12. UHT dunk...:)
    why spending much money for nothing useless ?
    kalau sy sih, biar kata diremehin sama orang2 sekitar, biar didebat kayak apa bentuknya, teteup milih UHT :)

    ReplyDelete
  13. @nia:
    yup mom, it's your choice:) daripada gak minum susu sama sekali.. pokoknya yang penting anak sehat dan cerdas:)

    @indra2fa:
    bener banget ma. kalo anak mau, dan kita tau itu yang terbaik buat dia, so go for it:)

    ReplyDelete
  14. kalo samy minumnya sufor + uht sekarang. tadinya sih setelah 1thn udah full UHT, tp beberapa bln blakangan aku suka ngelirik sufor klo lagi ada hadiahnya..hihi. Duh, klo pengalaman diremehkan krna ngasih anak UHT sih aku dah sering bgt,ada yg pernah bilang "nggak sakit perut apa??" sambil ngelirik aneh, trus ada jg yg bilang "jadi anaknya minum susu ini???" sambil terheran2..hahaha ..but cuek bebek lah..yg pentingkan kita tau yg terbaik utk anak kita.

    ReplyDelete
  15. Kunjungan balik mbak Evy. Empat hari lagi Dita sudah boleh minum susu UHT nih. Yuhuyy..gak sabar deh :-) .Kalau soal menentukan apa yang harus dikonsumsi Dita, Ayahnya Dita gak pernah ikutan, ya percaya aja sama istrinya ini, yang kadang2 sok tahu hehehe. Saya sih rencananya setelah Dita setahun nanti mau kasih UHT saja. Alasannya? Ya setelah baca sana baca sini, browsing sana browsing sini, mantap memilih UHT. Semoga Dita menyukainya. Keputusan saya ini didukung penuh sama Ayahnya Dita, soalnya katanya ntar keluar duitnya buat susu lebih murah hehehe.

    ReplyDelete
  16. neng, ikutan berbagi pengalaman ya..
    tau gak, disini tuh ga ada deh yang namanya sufor untuk anak2 diatas 1 tahun, ada sih, itu juga cuma 1 merk tapinya.. *enfamil next step* beda bgt ya, di indo buanyaak banget jenis sufor untuk anak diatas 1 taun, ckckckckck...
    daaan, dokter-dokter sini, ga ada tuh yang nyaranin buat kasih sufor after 1 years, they will prefer to give the kids susu sapi galonan ato yang semacemnya uht begitu, katanya, gizi dari susu sapi galonan gitu udah mencukupi banget buat toddler..
    pssstt... anak-anak amerika sehat-sehat dan pinter-pinter juga loooh, walopun ga minum sufor lanjutan dan cuma minum susu sapi galonan biasa, hehehe...

    http://www.babycenter.com/0_cows-milk-when-and-how-to-introduce-it_1334703.bc

    ReplyDelete
  17. @mami cicie:
    iya mi, aku juga pernah diremehin karna ngasi zikra UHT. ucinya zikra juga marah2 sama aku gara2 ngasi UHT. mana susah lagi ngejelasinnya. hehe iya yang penting kita tau mana yang terbaik buat anak kita:)

    @alumongga:
    wah dita bentar lagi udah boleh minum UHT ya? moga2 suka ya sayang:) heheh iya bun, kadang emang enakan gitu ya, kita nentuin sendiri jadi enak gak ada yang komplain:p

    @mrs.netta:
    net, tengkyu banget sharingnya:) bisa jadi bahan argumentasi buat ayahnya zikra nih heheh:)

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates