Friday, November 21, 2008

anak GTM + sakit = stres + sedih emaknya

bismillah

ibu mana sih yang seneng kalo anaknya gtm dan sakit? gak ada pastinya. yang ada malah stres dan sedih berkepanjangan.

nah inilah yang terjadi sama bunda belakangan ini. sakitnya zikra udah 4 hari belakangan, sementara gtm-nya udah hampir semingguan. tadi malam dibawa ke dokter akhirnya. tadinya badannya sempat panas (sampe 39'), tapi udah gak lagi. cuma batuk dan pileknya tambah parah. memang di rumah pada sakit semua. bunda nyerah sama hometreatment, kaya diuapin, dijemur dan makan yang banyak. zikranya udah keburu rewel seharian kemarin. bawaannya kuyu, matanya agak merah dan berair. dianya pun mewek terus dan maunya digendong terus. gak tega bunda ngeliatnya:( muntah udah beberapa kali tapi gak ada lendir yang keluar. mungkin ada tapi sedikit. kebayang kan gimana pusingnya pas anak sakit dianya susah makan pula? pas lagi butuh2nya banyakin nutrisi buat ningkatin imun badannya, dianya malah susah makan. duh bunda pusing banget muter otar dan ningkatin kualitas sabar belakangan ini.

bunda sih tetap berusaha gimanapun caranya biar ada makanan yang masuk ke tubuhnya. bunda jabanin deh setiap waktu makan yang kadang sampe 2 jam lamanya. itu pun gak sampe abis. dengan banyak hiburan jadi badut, ngamen sana sini, niru suara binatang, jadi story teller juga.. wah pokoknya apapun juga deh. memang bunda sempet stres dan kesal juga gara2 zikra bunda ini susah makan. bunda kan juga manusia, bosan dan capek pastinya. tiap waktu makan tiba bunda mikir 'wah perjuangan panjang lagi nih..' tapi ini lah cobaan jadi ibu yang harus dijalanin. siapa lagi yang berusaha kalo gak orangtuanya sendiri? mau anaknya makin sakit? ya enggak lah. dan jangan sampe juga zikra nanti trauma dikasi makan sama bunda gara2 bunda galakin karna gak sabaran. duh alhamdulillah masih bisa sabar kalo inget ini.

dan akhirnya kesabaran itu berbuah juga. bunda yang udah mati kutu mikirin menu anak bunda ini akhirnya mendapatkan jawaban. alhamdulillah:) dengan menu ini zikra yang gtm akhirnya kemarin mulai normal lagi nafsu makannya. makannya lahap habis tak bersisa. cuma ya dengan beberapa gaya karna dia masih rewel karna sakit. dengan digendong dan diajakin cerita. tapi intinya dia M
AU makan dan lumayan cepat, apapun gak jadi masalah.

nah ini bunda share menunya zikra. di zikra sih mempan buat dia mau makan lagi. mungkin zikra memang lagi bosan sama menu sebelumnya. intinya disini adalah beras/nasi yang bunda ganti jadi kentang. memang nasi mengandung lebih banyak kalori, tapi kandungannya kan sama dengan kentang, sama2 ada karbohidratnya. cuma rasanya otomatis jadi beda kan?


tim kaldu kentang

rebus ayam/ikan/sapi dengan air secukupnya selama kurang lebih 15 menit


di wajan lain rebus kentang dengan sayuran (brokoli/wortel/bayam) dengan irisan baw
ang putih, bawang merah/bombay, daun bawang, seledri dan jahe. untuk zikra sekali makan porsi kentangnya 1 buah yang ukuran agak gedean. untuk sayur disesuaikan kira2 setengah porsi kentangnya. bisa juga ditambahkan dengan tempe/tahu/kacang merah semaunya.

setelah matang semuanya, blender ayam/ikan/sapi dengan
air kaldu dari kentang sayuran tadi. setelahnya baru dicampur dengan kentang dan sayurnya, blender lagi bersamaan. ini supaya daging tadi bisa sama kekasarannya dengan kentang dan sayurnya. lama blender keseluruhan disesuaikan dengan kebutuhan (kemampuan makan si bayi), kecuali jahe tidak ikut diblender.

terakhir siapkan wajan dengan air kaldu dari ayam/ikan/daging. masukkan 1/2 porsi telur ayam kampung plus margarin/keju parut. aduk telur sedemikian rupa sehingga ada teksturnya (atau halus sekalian). setelah matang masukkan hasil blenderan ke dalam wajan ini. jerang sebentar, tuang ke wadah dan sajikan hangat.

--

sehabis dari dokter, bunda lumayan lega. abis ngeliat dia seharian kemarin gak semangat dan mewek terus, bunda jadi takut zikra kenapa2. tadi pagi sempat muntah lagi yang alhamdulillah akhirnya keluar juga itu lendir2 jahatnya. tadi malam ditimbang bb-nya berkurang 100 gram jadi 7.9 kg, sempat sedih juga tapi gak papalah. mudah2an bb-nya bisa dikejar lagi secepatnya.

cepat sembuh ya bunayya. moga-moga nanti mau lagi dengan nasi ya sayang. mudah2an Allah selalu kasih kita kesehatan, lindungi kita dari mara bahaya amin.

12 comments:

  1. Zikra cepet sembuh y.. biar bunda zikra gak sedih lagi :)

    ReplyDelete
  2. Emg zikra sakit kenapa bunda? Batpil? Waduh berat memang klo anak sakit ya, para ibu lgsg berusaha segala cara biar dia mau makan.
    Mudah2an cepet sembuh ya zikra, biar bisa manjat2 kasur lagi... :)

    ReplyDelete
  3. sedih banget liat fotonya zikra...ini ummi sama abinya nadiyya liat zikra jd kasian banget..

    cepet sembuh ya sayang...yang ceria dan pinter lagi ya..

    dokter bilang apa say?

    ReplyDelete
  4. Zikra...syafakallah ya,nak...
    Bunda yg sabar yaaa...

    ReplyDelete
  5. @mami vaya:
    anget batuk pilek mi..
    sebelum ke dokter angetnya udah ilang, tggl batpil yang makin parah waktu itu:(

    @rumahmonopoli
    kata dokter masih anget dikit, trus udah kena radang tenggorokan karna suaranya zikra jadi serak mi:(
    alhamdulillah udah lumayan baikan sekarang:)
    makasi ya abi dan ummi nadiyya:)

    ReplyDelete
  6. Moga2 zikra udah baikan sekarang..:) emang paling sedih kalo liat anak sakit. huhuhu..kesiaaan banget palagi kan blom bisa ngutarain mana yang sakit, dll.

    Ohya, menu baru zikra enak bgt tuch..pasti lahap terus :P

    ReplyDelete
  7. aduh... zikra cepet sembuh ya... hayo! makan yg banyak, biar bisa guling2. [lho?]
    bunda yg sabar ya...

    ReplyDelete
  8. gakpapa bun..tar juga zikra ndut lagi kok..
    Duhh zikra seru amat mamam tim kaldu kentangnya..sampe penuh begitu mulutnya..hihi..tar samy mau nyoba juga ahh..

    ReplyDelete
  9. Mom... coba kasih vegetable Blend degh di campur di air putih. diminum minimal satu kapsul sehari. Kandungannya syuran buat ningkatin nafsu makan anak.

    Cepet sembuh ya Zikra....

    ReplyDelete
  10. sama nihh anak2 juga lagi sakit .. yg kecil juga jadi susah makan .. cepet sembuh ya sayang ..

    ReplyDelete
  11. sekarang sdh sembuh kan bang???sehat selalu

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates