Wednesday, August 13, 2008

Start MPASI: diterima, dilepeh-lepeh, habis!

bismillah

akhirnya zikra makan juga di umurnya 6 bulan 1 hari. telat sehari. dan menunya pun gak sesuai dengan rencana bunda. gasol yang dinanti gak kunjung datang (bahkan sampai hari ini) karna kurirnya sakit. duh! semoga cepet sembuh ya pak, biar gasolnya zikra cepet datang. ya udah daripada anak bunda gak makan, bunda ambil inisiatif ganti menu dengan puree pisang yang habis dilahap zikra. alhamdulillah.. that's what bunda hopes the most:)


ditengah makan zikra sempet bosan, pisangnya dilepeh2in sama dia. trus zikra digendong dulu biar bosannya ilang, baru deh didudukin lagi buat ngabisin pisangnya. alhamdulillah habis:) lama makan kurang lebih 15 menitan. pisangnya bunda buat cair tapi agak kental sedikit dibanding asi. cara buatnya: pisangnya dihaluskan dulu, trus disaring. jadinya kurang lebih satu setengah sendok makan. trus dicampur asi sekitar 25cc. pas gak ya kentalnya? katanya mpasi pertama kudu secair asi. tapi menurut bunda hasil racikan bunda itu udah 'pas'. hari kedua dengan menu yang sama zikra lebih lahap lagi makannya. hasil pupnya beda dengan sebelum zikra mulai makan. lebih lengket dan gak ada cairan lagi.


bunda terharu banget ngeliat anak bunda makan. bunda sempat menitikkan air mata waktu mulutnya nyentuh sendok makannya trus nyeruput suapan pertama. bunda norak ya?:p hehe bunda juga gak ngerti kenapa bunda bisa terharu gitu. bisa emosional ngeliat zikra mulai makan. zikra udah bisa nyeruput dari sendok yang bunda sodorin. ini pasti karna kemarin2 zikra disendokin obat puyer penghilang rasa nyeri setelah sunat oleh bunda. duh anak bunda udah gede:) bunda gak sabar nih nunggu gasol datang. pengen ngetes menu2 lainnya hehe. sehat-sehat terus ya nak..

update: mpasi pertamanya zikra disaksikan juga oleh ayah. ayah excited banget ngeliat zikra mau makan. itu foto diambil oleh ayah. bunda mau ngucapin makasih banget buat konsultan pribadi bunda -bundanya pacific- yang selama ini udah rela bunda gangguin dari pagi sampe malam by phone or sms buat nanya2 tentang asi dan mpasi.makasi ya kak ovvy darling;)

16 comments:

  1. mmmhhh pasti makanannya enak ya, puree pisang+mpasi, buktinya habis tuh oleh Zikra... tambah sehat, kuat dan pintar ya...

    ReplyDelete
  2. AFAIK, kalo gak nyebabin sembelit brarti kekentalannya udh pas say... Dimonitor aja. Banyakin minum air putih jg bs mencegah sembelit.
    Afkar skr lg stage sayur, tante. Baru nyoba kacang ijo, udh 2hr. Ntar ummi bagi contekan de...apa aja yg dimakan afkar :p.

    ReplyDelete
  3. Zikra pinter, makannya abis... Sama makanan pertama Rayna jg puree pisang.

    ReplyDelete
  4. wah Zikra puree pisang ya MPASI pertamanya? Shaina pepaya saring.. hihi..

    Enak ya Zik? jangan tambah GTM sama nenen ya karena pisangnya enak.. hehe

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah MPASI nya sukses yah bun..ikutan seneng deh ngeliat zikra sehat and gak syusah dgn perubahan yg baru..pintar ya nak'
    kalo kk' farah malah MPASI nya dah mule pas 4bln..cuman 1sendok puree pisang juga..trus gak lama soalnya dia gak suka yg lembek2..lgs deh ama makan roti afghan *anak afghan gituh*krn sejak usia 3bln dia udah gigit2 nenen mommynya menjelang 5bln gigi 1nya nongol.
    Pokoknya semangat trus deh bunda..ngasih slalu yg terbaik buat dd' zikra..

    ReplyDelete
  6. wah langsung lahap ya... berarti klo mpasi da lahap, bunda g usah terlalu khawatir klo mimiknya aga2 lama, yg penting udah mau mam.

    **sambil inget2 gimana cara bunda melemetkan dan menyaring pisang :D, kan ntar lg vaya jg mo mpasi, jd kudu siap2 dr sekarang...

    zikra ayo ya semangat mamamnya.... :)

    ReplyDelete
  7. Zikra udah makan...? Gimana kalo kita segera coba makan pizza...? Hehehe..

    ReplyDelete
  8. Ah bunda zikra bisa aja nih,pdhl ada 2 kali lohh bunda ga ngeh ada telpon dr Bunda ZIkra, krn suara hp di silent, maaf yaa bun..

    Weitttssss, mantap ni Dek Zikra, mam pertamanya ludess..dess..Bang Fic aja dl pertama kali ga abis loohh..

    Oia say, gasolnya dah ditlpon lg? Soale tmn kantorku gt jg..udh brp hr blm dtg gasolnya, jadi hrs telpon lg pastikan klo harus datang hr ini (kmrn,red) krn bayinya sudah harus makan sabtu ini. Siangnya datang deh..

    Klo ga, tepungnya buat sendiri aja say sambil nunggu gasol datang. Biar zikra kenal serelia, soale serelia kan lbh hambar, ntr klo udh terbiasa rasa pisang yg manis, takutnya susah serelia. Tapi, mdh2an ga ya, kyknya zikra selera makannya ikut emaknya nih *sotoy mode on, ntr tny Tante Ven ahh mastiin, hihihi..

    Caranya udh tau kan say, Beras/Kacang Ijo di cuci bersih, tiriskan, sangrai, blender smp halus, saring, sisanya yg masih butir2an blender lagi, saring lagi. Karna sbnrnya ntr 8blnan anak kita jg bakal makan beras yg sama ma kita, kec klo ortu tetep stok beras organik..Bijitu..

    Selamat Datang Dek Zikra di dunia MPASI, siap2 merasakan sensasi beragam rasa di lidahmu sayang..hehehe..

    ReplyDelete
  9. Huhuhu.. ikjutan terharu :(

    Kamu hebat deh Pih cara ngasih makannya.. Secara orang2 biasanya anaknya umur sebulan dah dikasih pisang dilenyek sama nasi.. Dah tau gak jamannya lagi ngasih makan anak awal2..:D

    Zikra makin ganteng aja..:)

    ReplyDelete
  10. hmmm... enaknya yang nyobain makanan baru.. tapi jgn sp lupa sama ASI ya sayang... tetep paling enak loh :D

    ReplyDelete
  11. btw, di Gramed banyak dijual buku resep khusus menu bubur saring gitu lengkap dengan foto-fotonya yang menarik, loh.

    well, just in case pengen ngasih variasi menu untuk Zikra, kan? :)

    ReplyDelete
  12. aduh, asiknyah dah mulei makan.. ternyata ada makanan nikmat lainnya ya de' selaen asi bunda yg pastinya tetep numero uno.

    maem yg banyak ya de zikra, biar bunda seneng, ayah seneng, dd zikra juga sehat. amien...

    ReplyDelete
  13. seneng ya dah punya baby...

    salam kenal

    ReplyDelete
  14. begitulah punya anak pertama, setiap momen pertama pasti ada aja aer mata yang netes,hehehehe...

    masih banyak loh vy momen2 seru, siap2 aja berlinang aer mata lagih, hihihi

    ReplyDelete
  15. hehehhee....moment yang paling indah.....

    ReplyDelete
  16. senengnya Zikra habis maemnya walaupun awalnya dilepeh2.
    Bener vi, lebih baik MPASI nya bikin sendiri, sehat, higienis, gizi terjamin dan tentunya kita bisa milih variasi menu sesuai selera kita.

    Rafif masih suka nangis kalau di suap, tapi lama2 juga habis. Pertama kali malah gak mau sama sekali.ALhamdulillah sekarang dah mulai mau

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates