Sunday, August 17, 2008

Serangan batpil dan muntah hebat

bismillah

zikra dapet sakit juga diusianya 6 bulan 1 minggu ini. batuk pilek:( alhamdulillah badannya gak panas. padahal kita dirumah semua dalam keadaan sehat. kalo dibilang zikra kecapean rasanya enggak juga karna kita dirumah aja, gak kemana2. emang sih beberapa hari ini cuaca disini mendung tapi gak sampai hujan. bunda bingung mungkin gak cuaca mendung yang bikin zikra sakit? padahal dulu waktu kita pindahan zikra tahan banting deh. dari pekanbaru ke jakarta naik pesawat. dari pagi dibandara pekanbaru sampe malem baru nyampe rumah
dijakarta karna waktu itu jalanan macet banget dihari jumat. besoknya kita jalan dan nginep di bogor. minggu depannya kita ke lampung pake travel dan nyebrang laut, selat tepatnya. 3 hari dilampung ngadain sukuran zikra balik lagi ke jakarta dengan jalan yang sama waktu perginya. dan zikra beneran gak sakit alhamdulillah, malah bunda kena dbd udahnya karna kecapean.

nah sekarang kena batpil yang bikin bunda heran. zikra udah mulai batuk sejak selasa atau rabu kemarin. tapi karna batuknya jarang banget dan masih pelan bunyinya, bunda gak kuatir. paling juga ilang sendiri. sampai hari jumat masih gak ilang juga, malah jadi ada pileknya. batuknya tetep masih jarang, dari pagi sampe malam bisa diitung kapan batuknya, tapi sekali batuk bisa sampai 3-4 kali. bersinnya juga sesekali. tapi pas jumat itu idungnya kesumbat, zikra jadi susah napas. pas nenen yang ketara karna bunyi napasnya kuat dan kedengaran lendirnya yang keluar masuk idung tenggorokan. tidur malam juga jadi gak nyenyak karna kebangun mulu trus nangis. kasian ngeliatnya:( ya udah bunda dan ayah sepakat kalo sampe sabtu gak ilang juga, malamnya kita ke dokter. soalnya zikra jadwalnya imunisasi selasa depan. kalo mau diimun kan zikra mesti dalam keadaan sehat, kalau gak bisa batal deh imunnya.

dan bener aja.. sampai sabtu siang batpilnya masih ada. jadi deh zikra kita bawa ke dokter. dsanya bilang ini flu biasa. dalam keadaan begini masih bisa kok diimunisasi. trus dokternya kasih obat untuk meringankan sakitnya. obat yang dikasih bukan puyer atau antibiotik. kalo sembuh udah bisa distop obatnya. makanya bunda berani kasih ke zikra. malamnya bunda kasih, besok paginya zikra muntah hebat setelah makan dan tidur. tadinya bunda kaget dan takut banget, kok tiba2 aja muntah dan volumenya juga gak sedikit. itu juga berulang sampai 4 kali. bunda dan ayah kontan kaget dan panik ngeliatnya. setelah telpon dsa dan liat yang keluar banyakan lendirnya, kita lumayan tenang. abis muntah itu zikra mendingan banget. oiya ini nih obat yang dikasih dsanya zikra, siapa tau berguna bagi ibu yang anaknya batpil:)
- untuk pilek :
neo triaminic dosis 3 x 0.5 ml sehari (oral drops) - untuk meringankan bersin dan hidung tersumbat.
breathy dosis 1 x 1 tetes sehari pada masing2 lubang hidung untuk melembabkan membran nasal yang kering dan meradang.
- untuk batuk :
mucopect 15 mg/ml, 20ml dosis 3 x 5 tetes sehari (oral drops).

bunda baru kasih yang triaminic dan mucopect doang. triaminic udah 2 kali kasih, dan mucopect baru sekali. alhamdulillah it works.. besok kayaknya bunda gak bakal kasih lagi obatnya. insyaAllah mudah2an zikra baikan besok.. amin ya Allah..

dsa zikra oke banget deh. bunda beneran puas konsul sama dia. by phone juga ok.. gak ngeburu2in kita yang nelpon dia.
tadi pagi buktinya setelah zikra muntah, ayah nelpon dsa zikra buat nanya ini itu. maklum deh kita panikan karna gak ada ortu disini. nah dia nenangin kita. alhamdulillah kita jadi gak panik2 banget. dsa zikra juga pro asi dan mpasi home made. tapi dia gak sekaku itu juga sampe gak setuju mpasi instant. katanya kalo emang terpaksa buat nambahin bb anak juga boleh kasih yang instant. emang kenapa dengan nambahin bb? nanti deh bunda ceritain di next posting yah. sekarang segini dulu:p get well soon ya sayang.. bunda selalu doain yang terbaik buat kamu nak..

14 comments:

  1. wah emang lg musim nih kayanya batpil dimana2..hehe..samy juga lg batuk2 nih untungnya ga parah..ketularan dr maminya yg ga tahan klo ga sun sekali sehari aja..
    btw, bun udah browsing ke medicastore.com blm ttg mucopect dan triaminic..efek sampingnya kok serem2 ya..? klo samy batpil cuma pake breathy + transpulmin bb trus diuap2in deh kamarnya biar lembab..
    duhh zikra makin ganteng aja nih..pengen deh sun pipi tembemnya..tp ntar dimarahin bunda soalnya tante juga lg batuk nih..hehe

    ReplyDelete
  2. wah mami cicie..
    makasih banget infonya
    baru tau ada website ini:(
    tapi gimana dong inikan resep dokter:(

    lain kali aku ngikutin mami deh kalo zikra batpil lagi *jauhkan penyakit dari anakku ya Allah*
    tapi zikra gak insomnia abis minum obat itu mi
    pola tidurnya masih biasa..
    malahan kayak ngantuk mulu zikranya..

    ReplyDelete
  3. iya bun evy..kitakan sama2 belajar nih buat ngasih yg terbaik for our baby..jd harus bagi2 ilmu..ya gak?
    biasanya sih aku klo dpt resep dokter apalagi buat samy ga langsung ditebus, tp browsing dl ttg isi dan indikasinya..klo obatnya berat/ga nyambung ama penyakitnya biasanya gak aku kasih..kan bayi ginjalnya masih belum sempurna buat menyerap obat2an..menurut artikel2 yg pernah aku baca sih penyakit batpil ato diare itu biasa banget buat bayi alias common problem..dan karena penyakitnya disebabkan oleh virus jadi obatnya cuma daya tahan tubuh doang..obat2an yg ada itu cuma meringankan gejala aja bukan mengobati penyakitnya..so tar juga lama2 sembuh sendiri, banyakin asupan air aja biar ga dehidrasi apalagi klo masih asi ya banyakin asi aja bun..gejalanya klo bisa diatasi dengan cara2 tradisional atau yg ringan2 aja dl..jdn langsung pake obat2an yg punya efek samping...
    Bun, aku cuma sharing ilmu aja loh..gak maksud apa2 ya..bun evy jgn marah yaaa...biasa kok klo kita panik liat anak sakit..apalagi masih bayi..aku jg pernah gitu..hehe..
    bun ikut join milis sehat yuk..sehat@yahoogroups.com pengasuhnya banyak dokter2 anak yg RUD(Rasional in Using Drugs)..biar kita belajar untuk memberikan pengobatan yg rasional buat anak...

    ReplyDelete
  4. alhamdulilah zikra udah baikan ya...maap ya tante nengokinnya telat :-D
    tentang MPASI instant,kalo bisa sih dihindari bun. Aku masih sempat sempatin masak sendiri semua makanan Hasna,juga tepung beras merah numbuk sendiri (cape deh...)
    insyaallah,anak lbh sehat. kalo dikasi buburinstan,hasna jd ga mau. rasanya aneh kali ya? ini yg payah,kalo pergi2 jd susah!
    Resiko ya bun.....

    ReplyDelete
  5. Zikra cepet sembuh ya... biar bisa tersenyum & ketawa-tawa lagi :D
    ngomong2 ttg MPASI instant jd inget wkt anak2 msh MPASI. Anak2 sy dr dulu gak pernah mau yg instant. Sy sie seneng aja, krn emang lbh sehat bikin sendiri kan. Tapi ya itu kalo ke luar kota rada ribet, harus bw 'peralatan perang'. hehe..

    ReplyDelete
  6. bener mbak, emg lagi musimnya. saya aja masih ingusan dikit2... mudah2an vaya g ketularan deh, takut jg klo ampe batuk2.
    mudah2an zikra gpp ya, jgn muntah2 trs yaa....kacian ayah ama bundanya nanti stress.

    dsa nya tu sapa mbak, kykny asik jg dpt yg kyk gt, mau nerangin bener2.. trs kenapa dgn bb zikra? kan udah endut toh :D **penasaran

    ReplyDelete
  7. Syafakallah ya zikra... Akur ama saran mami samy, ikut milis sehat, say...utk pencerahan. Nanti di awal2 akan terkaget2 dgn "ilmu sehat"nya ;)

    ReplyDelete
  8. Zikra dah sembuh sayang..? duh kasian banget kalo anak kecil lagi sakit ya bun, ga tega aja liat wajahnya yg memelas gitu. Emang lagi ga bagus nih bun cuacanya, banyak yg kena batpil keknya. Cepet sembuh ya zikra biar acaranya mpasi nya juga sukses hehehe....

    ReplyDelete
  9. Wah..
    Mama Shaina curiga 'there's something about Shaina and Zikra' yang lahirnya cuma beda sehari ini.

    Bukan curiga apa-apa, kok apa yang Shaina alamin Zikra alamin juga, dan sebaliknya. Dari kebiasaan, kebisaan, sampe urusan batpil perdana, KOK BISA SAMA YAA?? Ceritanya bisa dibilang sama persis, tapi bedanya Shaina gak ke dsa..

    ReplyDelete
  10. Zikra dah sembuh blum..?kpn2 imunisasi di rsia tambak yuk..kan dsa zikra jg praktek dsana ya..skalian ktmuan ma samy..hehe..samy kan imunisasi ke rs tambak, next campak bulan oktober. Janjian yuuk...

    ReplyDelete
  11. Dzikra udah sembuhkan sekarang? Kalo musim kemarau memang biasanya musim penyakit kayak batpil. MPASI-nya kalau sempat lebih baik bikin sendiri bun, lebih sehatkan? :)

    ReplyDelete
  12. Zikra sayang... cepat sembuh ya nak. Tuh kan, bunda dah mulai khawatir kan... cepat sehat kembali ya nak.

    ReplyDelete
  13. Zikra cepet sembuh yaaaaa....
    alika juga lg flu nig, ingusnya ijo ijo heheheh udh mau sembuh soalnya :)

    ReplyDelete
  14. waduh udah lama gak main tau2 dah ada zikra..slamet ya say...gemes deh liatnya..gmn enak kan jadi mama:)

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates